Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

David Beckham Hadiri Debut Global 2 Mobil Pabrikan Vietnam VinFast

Berita Otomotif

David Beckham Hadiri Debut Global 2 Mobil Pabrikan Vietnam VinFast

PARIS – David Beckham menjadi bintang tamu dalam debut global dua mobil pertama pabrikan Vietnam VinFast di Paris Motor Show 2018 pada awal Oktober.

Beckham, seperti diwartakan The Telegraph baru-baru ini , hadir bersama Miss Vietnam 2018 Tran Tieu Vy. Kehadiran mantan pesepak bola Manchester United, Real Madrid, Paris-Saint Germain, dan LA Galaxy ini membuat panggung VinFast menjadi lebih menarik di depan merek-merek  global lain.

Di press day Paris Motor Show 2018, merek mobil pertama Vietnam tersebut memperkenalkan kepada dunia sedan Lux A2.0 serta sport utility vehicle (SUV) Lux SA2.0. Keduanya didesain oleh Pininfarina dan dipilih oleh 62 ribu rakyat Vietnam dari puluhan desain yang disediakan.

“Sungguh sangat menakjubkan (VinFast) bisa membuat mobil dengan craftmanship seperti ini dalam jangka waktu yang relatif sangat singkat. Masyarakat Vietnam bisa bangga karena mobil, merek asal negara mereka ada di pameran otomotif sebesar ini,” papar Beckham.

Entah Beckham tahu atau tidak, platform dan mesin dua mobil Vietnam menggunakan milik BMW. Menurut Motor Authority, yang dipinjam adalah basis milik Seri 5 serta X5 generasi terdahulu.

Lux A2.0 maupun Lux SA2/0 sama-sama menggunakan mesin 2.0-liter turbocharged inline-4 cylinder. Gelontoran tenaganya adalah 174 hp dan 228 hp pada masing-masing model. Mesin dipasangkan dengan transmisi delapan percepatan otomatis.

Keduanya dipersenjatai pula dengan sistem penggerak roda belakang. Namun, model SUV ditawarkan dengan opsi sistem penggerak roda depan.

Sedan Lux A2.0 memiliki akselerasi 7,1 detik untuk kecepatan 0-100 km/jam. Sementara SUV Lux SA2.0 berpenggerak roda belakang membutuhkan 7,3 detik untuk kecepatan yang sama.

Produksinya kelak dilakukan di pabrik Hai Phong, Vietnam, berkapasitas 250 ribu mobil per tahun yang sekarang masih dalam tahap konstruksi. Adapun penjualannya dimulai pada Juni tahun depan.

VinFast sendiri dimiliki oleh grup bisnis terbesar Vietnam, VinGroup, yang bergerak di banyak sektor. Di masa depan, VinFast mengincar pula pasar ekspor terutama ke negara-negara Asia Tenggara. Tak hanya itu, Pabrik mereka dikabarkan juga akan memproduksi berbagai macam moda transportasi semisal skuter listrik.[Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang