200 Unit Esemka Bima Laku dan Dikirim ke Lampung

Berita Otomotif

200 Unit Esemka Bima Laku dan Dikirim ke Lampung

JAKARTA – Esemka Bima diklaim dapat pembeli baru yang berasal dari luar Pulau Jawa. Tak tanggung-tanggung, ratusan unit langsung diborong.

Sekadar mengingatkan, Bima adalah model pertama dari Esemka, pabrikan asal Solo, Jawa Tengah. Peluncurannya terjadi pada 6 September 2019, bersamaan dengan peresmian pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.


Sabar Budhi, Hubungan Masyarakat PT. Solo Manufaktur Kreasi, mengatakan bahwa pihaknya baru-baru ini telah menjual 200 unit Bima. Adapun pembelinya berada di Lampung.

“(Pengiriman) tanggal 11 – 15 Agustus 2020,” ucap dia kepada Mobil123.com via pesan singkat pada Senin (24/8/2020).

Seluruh unit sudah terkirim. Namun, Budhi mengaku tidak mengetahui identitas pembeli.

“Untuk pembeli kami kurang tahu karena unit-unit tersebut adalah pemesanan dari dealer kami yang ada di Jakarta,” tandas dia.

Outlet penerima pesanan tersebut, menurutnya, ditangani oleh PT. Unisat Oto International (UOI) sebagai mitra dealer Esemka.

Tidak dijelaskan, Bima tipe apa yang dipesan dan dikirim ke Lampung. Pikap kecil itu sendiri terdiri dari mesin 1.2-liter serta 1.3-liter.

Ketika meluncur, Bima langsung mengundang kontroversi. Pasalnya, penampakan maupun spesifikasinya dianggap mirip dengan Changan Star Truck yang berasal dari China.

Tidak diketahui, berapa unit Bima yang sudah terjual sejauh ini. Akan tetapi, berdasarkan informasi-informasi resmi yang beredar sebelum ini, para pemesannya merupakan instansi pemerintah.

Di antaranya ialah Pemerintah Provinsi Bengkulu yang memboyong 12 unit pada September tahun lalu. Angkatan Udara Tentara Nasional Indonesia (TNI AU), pada bulan yang sama, juga membeli 35 unit yang mereka pergunakan sebagai kendaraan operasional di landasan terbang.

Pada Oktober 2019, Esemka muncul kembali dan mengumumkan dealer pertama mereka yang berada satu area dengan pabrik. Setelah itu, pabrikan ini lama tidak terdengar sepak terjang dan kabarnya.

Pada 23 Agustus kemarin, barulah Esemka muncul kembali melalui kabar dimulainya produksi massal sport utility vehicle (SUV) Garuda 1. Akan tetapi, Budhi kepada Mobil123.com membantah informasi tersebut.

“Belum. Masih prototipe,” ujarnya mengenai model yang juga dipamerkan dalam peresmian pabrik Boyolali ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar