E-TLE Mobile, Sistem Baru Pencari Pelanggar Lalu Lintas

Berita Otomotif

E-TLE Mobile, Sistem Baru Pencari Pelanggar Lalu Lintas

JAKARTA - Polda Metro Jaya akan meluncurkan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) Mobile akhir pekan ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yugo, S.I.K., M.T.C.P., beberapa waktu lalu. Nantinya, puluhan kamera akan dipasangkan pada kendaraan patroli untuk memburu para pelanggar lalu lintas.

“Kemudian sebagai bagian dari prioritas Kapolri kebijakan ETLE maka rencanannya hari Sabtu (20/3/2021) kami akan melauncing E-TLE mobile ada 30-an kamera yang kami pasang pada kendaraan-kendaraan patroli ataupun perlengkapan yang dikenakan anggota,” terang Dirlantas, Rabu (17/3/2021).

E-TLE Mobile tersebut akan ditempatkan di helmetcam, dashcam, dan di dashboard kendaraan patroli maupun body cam terpasang saat anggota bertugas lapangan.

E-TLE Mobile, Sistem Baru Pencari Pelanggar Lalu Lintas

“Nah dengan adanya E-TLE mobile itu maka kita akan melaksanakan patroli dan penegakan hukum di daerah rawan pelanggaran. Namun ada kamera E-TLE yang stasioner sehingga nantinya kami buat E-TLE mobile,” jelas Dirlantas.

Pihak Ditlantas Polda Metro Jaya juga akan mengembangkan drone untuk surveilance memantau kondisi kecelakaan lalu lintas maupun kemacetan.

“Misalnya ada unjuk rasa di Patung Kuda seberapa parah tingkat kemacetannya dan seberapa jauh kemacetannya. Kemudian kita bisa terbangkan drone ini nanti tersambung dengan TMC Polda Metro. Hasil pantauan itu kemudian bisa memerintahkan anggota di lapangan untuk melakukan tindakan-tindakan,” tandas Dirlantas.

Sebelumnya diberitakan bahwa Polres Purbalingga telah mengenalkan sistem sejenis yang diberi nama Kamera Portabel Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor (Kopek). Meski hanya terlihat seperi action cam biasa, kamera tersebut tennyata sudah dibekali dengan teknologi Automatic Number Plate Recognition (ANPR), yang dapat mengidentifikasi dari plat nomor kendaraan.

Menariknya lagi, Ia menyebut bahwa bahwa Kopek bisa mendeteksi wajah pengguna yang terintegrasi dengan data SIM dan KTP. Selain itu bisa mengidentifikasi pelanggaran lalulintas melalui plat nomor kendaraan yang telah terintegrasi data base Samsat.

Harapannya dengan pemasangan kamera portabel tersebut, bisa memudahkan petugas mendeteksi pelanggaran lalulintas. Selain itu, bisa membangun kesadaran masyarakat akan kepatuhan terhadap aturan saat berkendara sehingga menurunkan angka pelanggaran lalulintas. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar