DFSK Belum Mau Luncurkan Pesaing Kijang Innova

Berita Otomotif

DFSK Belum Mau Luncurkan Pesaing Kijang Innova

JAKARTA – Dongfeng Sokon (DFSK) memastikan pada 2020 mereka tidak akan merilis multi purpose vehicle (MPV) yang berada di kelas Toyota Kijang Innova.

Sekadar mengingatkan, dalam seremoni pembukaan dealer DFSK Serang, Banten pada akhir Juni kemarin, Edward Deng selaku Head of Sales Department PT. Sokonindo Automobile (SA) mengatakan pihaknya sedang mempelajari kemungkinan meluncurkan MPV tahun depan. Adapun segmennya adalah medium MPV yang setara dengan Kijang Innova.

Di pasar global, DFSK memang punya beberapa MPV yang tentu bisa saja masuk ke Indonesia. Salah satunya Glory S370 bermesin 1.5-liter turbo.

Di sela-sela seremoni peresmian 11 dealer sekaligus pada Senin (11/11/2019), Franz Wang selaku Managing Director SA menutup peluang peluncuran MPV medium itu pada 2020. Namun ia mengakui DFSK masih terus mempelajari rencana ini.

“Model MPV masih belum ada di dalam rencana produk jangka pendek kami. Ini masih dalam studi karena pasar MPV cukup ramai di Indonesia. Tidak tahun depan,” tegas Franz meladeni pertanyaan Mobil123.com.

DFSK masuk Indonesia pada 2014 dan langsung membangun pabrik di Serang, Banten yang resmi beroperasi sejak akhir 2017. Merek mobil asal China tersebut memulai penjualan juga pada tahun itu melalui pikap kecil Super Cab.

Pada April 2018, di dalam Indonesia International Motor Show (IIMS), pabrikan otomotif yang langsung dimiliki oleh pemerintah pusat China itu memperkenalkan sport utility vehicle (SUV) Glory 580 seharga Rp 300 juta-an. Akan tetapi, model ini baru resmi dijual pada Juli.

SUV Glory 560 seharga Rp 200 juta-an menyusul mengaspal pada April 2019, lagi-lagi di dalam IIMS. Seharusnya pada akhir 2019 mereka akan merilis varian tertinggi dari Glory 580 pada akhir tahun ini, namun rencana tersebut mundur sampai akhir kuartal satu 2020.

“Kami sudah memperkenalkan i-Auto dalam GIIAS 2019. Di sana kami tak hanya mengintroduksinya, tapi juga mendengar dan mempelajari kemauan konsumen terhadap produk ini. Berdasarkan hasil studi, mereka ternyata menginginkan sesuatu yang lain. Jadi kami menunda peluncurannya ke kuartal pertama 2020 dan model ini akan hadir dengan fitur lebih, juga hal-hal lainnya yang lebih menarik,” papar Franz. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support