DFSK Mungkin Luncurkan Pesaing Kijang Innova Tahun Depan

Berita Otomotif

DFSK Mungkin Luncurkan Pesaing Kijang Innova Tahun Depan

SERANG - Dongfeng Sokon (DFSK) membeberkan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan peluncuran multi purpose vehicle (MPV) pesaing Toyota Kijang Innova tahun depan di Indonesia.

Pada dua tahun terakhir ada 3 MPV China hadir di pasar otomotif Indonesia yaitu Wuling Confero, Wuling Cortez, plus Wuling Formo. Pada 2020, bisa jadi jumlahnya bertambah.

Pasalnya, kompatriot Wuling yakni DFSK sedang mengkaji rencana tersebut. Meski demikian, belum ada keputusan final.

Edward Deng, Head of Sales Department PT. Sokonindo Automobile, menjelaskan setiap tahun DFSK bakal meluncurkan satu hingga dua model baru di Nusantara. Tahun depan segmen sport utility vehicle (SUV) ingin diperkuat dan ada peluang menghadirkan sebuah MPV.

“Kami masih diskusikan secara internal. Mungkin adalah large SUV serta medium MPV juga,” ucap Edward menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela seremoni peresmian dealer DFSK Serang, Banten beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, di segmen medium MPV terdapat pemain besar Kijang Innova. Menarik menyaksikan persaingan di sana jika rencana DFSK akhirnya benar-benar menghadirkan model di segmen itu, menemani Cortez yang sudah terlebih dahulu ada.

Soalnya, DFSK dan juga Wuling punya strategi sama di pasar yaitu menawarkan mobil berharga jauh lebih murah dari segmennya, tapi punya fitur yang bisa diperbandingkan dengan kendaraan dari segmen di atasnya. Ini membuat DFSK plus Wuling bersama-sama langsung meraup beberapa persen pangsa pasar pada 2018 meski baru seumur jagung.

DFSK masuk ke Indonesia dengan membangun pabrik berkapasitas 50 ribu unit per tahun di Cikande, Serang yang diresmikan pada November 2017. Pada tahun itu, mereka sudah memproduksi serta menjual mobil pick up kecil SuperCab.

Pada 2018, serangan berlanjut ke segmen kendaraan penumpang, khususnya SUV. Modelnya sendiri ialah medium SUV bernama Glory 580 yang sekelas dengan model-model semisal Mitsubishi Outlander Sport.

Pada awal 2019, giliran low SUV sekelas Toyota Rush, Daihatsu Terios, maupun Honda BR-V yakni Glory 560 yang mengaspal. DFSK masih memiliki satu peluncuran lagi tahun ini, varian termewah sekaligus tercanggih Glory 580, yang bakal terjadi dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang.

Dalam GIIAS 2019, DFSK juga mempersiapkan sebuah SUV listrik konsep. Sayang, segala detail mengenainya masih ditutup rapat-rapat.

DFSK hanya menyebut SUV listrik konsep itu sebelumnya hadir di Shanghai Auto Show 2019. Indonesia merupakan negara kedua yang disambanginya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar