DFSK: Penjualan Kami Tak Sepesat Wuling Karena Tak Jual MPV

Berita Otomotif

DFSK: Penjualan Kami Tak Sepesat Wuling Karena Tak Jual MPV

JAKARTA – Dongfeng Sokon (DFSK) mengakui penjualan mereka di Indonesia tak sepesat pabrikan China lain yaitu Wuling antara lain karena perbedaan model yang dijual.

Franz Wang, Managing Director PT. Sokonindo Automobile, tak membantah Wuling lebih cepat pertumbuhan penjualannya jika dibandingkan dengan DFSK dalam jangka waktu sama. Menurut dia, itu terjadi karena perbedaan pada waktu persiapan serta produk.

Baik Wuling maupun DFSK sama-sama mulai membangun pabrik di Indonesia pada 2015. Namun, Wuling terlebih dahulu meresmikannya pada Juli 2017 dan meluncurkan model pertama mereka, Confero, sebulan setelahnya.

DFSK, di sisi lain, baru meresmikan pabrik pada akhir November 2017. Produk kendaraan penumpang pertama mereka, Glory 580, baru diperkenalkan pada April 2018 kemudian didistribusikan ke dealer dan diluncurkan secara berturut-turut pada Mei dan Juli.

“Kami menghabiskan waktu lebih banyak pada aspek preparasi,” ucap Franz menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam sesi wawancara khusus di Pondok Indah, Jakarta, beberapa waktu lalu.

DFSK pun, lanjut dia, tidak seperti Wuling yang fokus bermain di segmen multi purpose vehicle (MPV) yang mempunyai ceruk paling besar di pasar otomotif Tanah Air. DFSK memilih fokus pada segmen sport utility vehicle (SUV).

“Sekarang kami ada di segmen berbeda. Mereka menjual Confero, Cortez (dan Formo, red) di segmen MPV. Kami punya Glory 580 dan produk SUV baru lagi tahun depan,” ujarnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Wuling, pada enam bulan pertama distribusi (Juli – Desember 2017) membukukan volume 5.050 unit untuk satu model kendaraan penumpang yaitu Confero. DFSK, di sisi lain, membukukan 488 unit untuk Glory 580 pada enam bulan awal (Mei – Oktober 2018).

“Misi kami berdua sama. Kami ingin menyuplai produk bagus dengan kualitas dan layanan purnajual bagus ke pasar, jadi kami bisa buat orang-orang di sini tahu produk otomotif dari perusahaan kami dan dari China bisa pula memberikan kualitas mumpuni,” tutup Franz. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar