6 Langkah Agar Toyota Kijang Innova Anda Berharga Tinggi Saat Dijual Kembali

Panduan Pembeli

6 Langkah Agar Toyota Kijang Innova Anda Berharga Tinggi Saat Dijual Kembali

JAKARTA - Toyota Kijang Innova disebut-sebut sebagai salah satu kendaraan favorit di pasar mobil bekas. Tapi, harga jual kembalinya bisa di bawah harga pasar kendaraan seken jika sang pemilik tidak memperhatikan beberapa hal ini.

Auto2000, melalui situs resminya pada Selasa (8/10/2019), memberikan tips-tips agar para pemilik Kijang Innova bisa melego kendaraan mereka dengan harga maksimal. Semua saran yang diberikan terkait hal-hal seperti kejelasan perawatan, menjaga ‘nafsu’ modifikasi, sampai kondisi bodi.

Berikut ini adalah masukan atau tips dari jaringan bengkel resmi Toyota terbesar di Indonesia itu, yang terlebih dahulu sudah disarikan oleh Mobil123.com.

1. Tak Hanya Wanita yang Butuh Perawatan
Jangan pernah lalai merawat kendaraan Anda secara rutin sejak membelinya. Tak hanya merawatnya secara teknis, mobil juga perlu mempercantik dan memperwangi diri. Jika ingin maksimal, lakukan perawatan di salon mobil sekurang-kurangnya 3 bulan sekali.

2. Tahan ‘Nafsu’ Modifikasi
Modifikasi memang bakal membuat Kijang Innova Anda terlihat makin keren. Tapi, jika tidak dilakukan dengan cermat, modifikasi juga bisa berpotensi membuat komponen bekerja lebih berat atau malah rusak. Selain itu, modifikasi besar justru akan menurunkan harga jual kembali mobil sehingga sebaiknya dihindari. Kalau pun tetap ingin, lakukan yang ringan-ringan saja seperti upgrade audio ringan atau pasang jok kulit.

3. Hindari Perbuatan yang Bisa Merusak Bodi
Beberapa hal yang kita sering anggap remeh ternyata berpotensi merusak bodi. Seperti misalnya sering memarkir mobil di luar ruangan yang membuat tampilan luar lebih cepat kusam plus kotor. Perhatikan pula lokasi dan posisi parkir dengan benar, jangan sampai penyok karena tersenggol atau akibat diisengi orang.

4. Perhatikan Tempat Servis
Calon pembeli mobil bekas pasti akan memperhatikan rekam jejak servis dari kendaraan incarannya. Melakukan servis rutin di bengkel resmi membuat peminat mobkas memercayai kualitas hasil servis plus keaslian komponen.

5. Jangan Berkendara Ugal-Ugalan
Mengemudikan mobil secara agresif, selain berbahaya, membuat beberapa komponen jadi cepat rusak. Beberapa komponen yang paling bisa terkena dampaknya adalah kaki-kaki seperti suspensi, komponen setir, serta ban. Komponen yang sudah diganti sebelum waktunya bisa mengindikasikan bahwa Anda kurang apik ketika berkendara. Harga jual kembali pun turun.

6. Mau Jual? Perbaiki Bodi Dulu
Sekali lagi, kesan awal sangat penting untuk membuat calon pembeli Kijang Innova terpikat. Tentu mereka tidak akan berminat bila mobilnya ada baret atau luka bekas tabrakan yang terlihat. Oleh sebab itu, segera perbaiki mobil Anda yang bodinya terluka. Nah, di sini baru terasa manfaatnya memiliki asuransi kendaraan tipe comprehensive yang memberikan jaminan perbaikan menyeluruh. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support