DFSK Hadir di Sidang Perdana Kasus Tuntutan Konsumen Glory 580

Berita Otomotif

DFSK Hadir di Sidang Perdana Kasus Tuntutan Konsumen Glory 580

JAKARTA – DFSK menghadiri sidang perdana kasus tuntutan hukum para konsumen Glory 580 yang menyebut mobil itu ‘tak kuat menanjak’.

Sidang pertama kasus itu, menurut keterangan resmi DFSK, berlangsung pada Rabu (27/1/2021). Merek mobil asal China tersebut menyebut bahwa mereka hadir karena menaati segala hukum yang berlaku di Indonesia.

“Kami hadir di persidangan kali ini sebagai bentuk komitmen akan kepatuhan terhadap proses hukum yang berlangsung di Indonesia,” ungkap Achmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile secara tertulis.

Sekadar mengingatkan, pada Desember 2020 tujuh orang pemilik Glory 580 menggugat sang pabrikan melalui kuasa hukum David Tobing. Mereka meminta ganti rugi karena sport utility vehicle (SUV) tersebut disebut tak kuat melaju di tanjakan.


Nilai yang mereka tuntut tak main – main yaitu total Rp 7 miliar. David, yang juga Ketua Komunitas Konsumen Indonesia (KKI), sampai membuka pula posko aduan bagi pemilik – pemilik Glory 580 lain yang merasakan hal sama.

Lebih lanjut, agenda sidang pertama menurut keterangan tertulis adalah pembahasan dan pemeriksaan kelengkapan berkas – berkas kedudukan hukum (legal standing) dari kedua pihak. Kelengkapan berkas ini merupakan proses awal sebelum memasuki tahapan mediasi yang diatur secara umum dalam Pasal 130 HIR dan secara khusus diatur secara lengkap dalam Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Republik Indonesia No. 01 Tahun 2008 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan.

DFSK sendiri berharap konsumen langsung mendatangi bengkel resmi bila merasa mengalami permasalahan apa pun terkait kendaraan mereka. Merek yang menjual tiga SUV (Glory 560, Glory 580, Glory i-Auto) plus satu kendaraan niaga ringan (SuperCab) tersebut saat ini memiliki lebih dari 90 jaringan penjualan dengan teknisi terlatih yang siap membantu menyelesaikan problem tiap konsumen.


Mereka pun mengatakan kualitas tiap model yang dijual, termasuk Glory 580, sudah teruji dan terbukti di berbagai negara. Glory 580, menurut sang pabrikan, telah dijual di berbagai negara Eropa seperti Jerman, Italia dan Spanyol, serta menerima jaminan keselamatan (5 Star Safety) dari C-NCAP dan memenuhi standar EURO-4.

Setiap model yang DFSK jual juga merupakan rakitan lokal di pabrik dengan teknologi ‘Industry 4.0’ Cikande, Serang. Model – model itu sudah lolos uji di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) dan menerima Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari pemerintah.

“Semua kendaraan penumpang yang ditawarkan dilengkapi dengan Super Warranty 7 Tahun / 150.000 KM. Garansi kendaraan ini menjadi bukti keseriusan kami dalam menghadirkan kendaraan yang berkualitas, handal, dan bisa dipercaya untuk berbagai kebutuhan konsumen di Indonesia,” pungkas Achmad. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar