Digugat Konsumen karena Mobil Tak Kuat Menanjak, Ini Jawaban DFSK

Berita Otomotif

Digugat Konsumen karena Mobil Tak Kuat Menanjak, Ini Jawaban DFSK

JAKARTA – DFSK, merek asal China, buka suara terkait gugatan hukum para konsumen yang menyebut mobil mereka tak kuat menanjak.

Seperti diberitakan sebelumnya, tujuh konsumen mengajukan gugatan hukum melalui pengacara David Tobing. Mereka mengaku bahwa DFSK Glory 580 Turbo CVT produksi 2018 yang dibeli tidak kuat melibas tanjakan di parkiran mal maupun ketika digunakan di luar kota.

Tuntutannya tak main – main. Mereka meminta ganti rugi dengan total nilai sekitar Rp 7 miliar untuk kerugian material dan nonmaterial.

DFSK, melalui keterangan resmi pada Jumat (4/12/2020), mengatakan bahwa pihaknya hingga kini salinan surat gugatan dari pihak pengadilan. Kendati begitu, sebagai perusahaan yang berbisnis di Indonesia, merek tunduk pada hukum yang berlaku dan akan mengikuti segala proses sesuai ketentuan.

“Terkait dengan ketidaknyamanan yang dialami oleh konsumen DFSK Glory 580, kami akan berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan permasalahan hukum ini sebaik-baiknya, termasuk menyelesaikan keluhan yang dialami,” ujar Achmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile.

Menurut dia, DFSK selalu berkomitmen penuh menghadirkan kendaraan – kendaraan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, berharga terjangkau, dengan purnajual baik sejak hadir di Indonesia pada 2017. Ini antara lain ditunjukkan melalui pembangunan pabrik di Cikande, Serang, Banten yang dilengkapi teknologi ‘Industri 4.0’ dan didukung sumber daya manusia berkualitas tinggi.

Seluruh kendaraan yang diproduksi oleh DFSK, termasuk Glory 580, telah lolos uji di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) serta menerima Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari pemerintah. Selain itu, DFSK Glory 580 juga sudah menerima tertinggi untuk jaminan keselamatan (5 Star Safety) dari C-NCAP dan sudah memenuhi standar EURO-4, dan dipasarkan di negara-negara Eropa seperti Jerman dan Spanyol.

“Sekali lagi, DFSK ingin mengucapkan terima kasih atas perhatian para konsumen setia kami. Hal ini tentu bisa menjadi masukan serta membangun DFSK untuk lebih baik lagi kedepannya,” pungkas Rofiqi lagi.

Di samping Glory 580, DFSK masih memiliki tiga model lagi di pasar Indonesia. Ada Glory 560, Glory i-Auto, dan Super Cab. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar