Datsun Redi-Go Tak Akan Dipasarkan di Indonesia

Berita Otomotif

Datsun Redi-Go Tak Akan Dipasarkan di Indonesia

KARAWANG – Datsun Redi-Go hampir pasti tak akan menjadi model keempat pabrikan ini di Indonesia, karena dinilai tak sesuai dengan selera konsumen negeri ini.

Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit Nissan Motor Corporation (NMC) Nobuyuki Kawai, memberikan sinyal kuat bahwa andalan mereka di pasar India yaitu Redi-Go kemungkinan besar tak akan dijual di Nusantara.

“Datsun Redi-Go lebih kecil dan lebih murah. Saya tak tahu pasti persepsi masyarakat Indonesia soal mobil ini, tapi sepertinya tak cocok,” ujarnya di sela-sela sesi Media Test Drive Cross pada 8 Maret lalu di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat.

Ia pun mengatakan bahwa informasi soal model keempat Datsun di Indonesia bakal mulai terdengar beberapa tahun dari sekarang.

Redi-Go Terlalu Kecil
Datsun kini memenetrasi Indonesia berbekal tiga model: Go dan  Go+ Panca di segmen mobil murah berinsentif pajak low cost green car (LCGC) plus Cross yang non-LCGC.

Menurut Kawai, spesifikasi Datsun Redi-Go yang berdimensi imut dan bermesin kecil tak sesuai untuk menemani Go, Go+ Panca, maupun Cross di negeri ini.

“Datsun Redi-Go di India punya varian mesin 800 cc, 1.0-liter, dan bertransmisi automated manual transmission (AMT). Saya pikir kebutuhan dan ekspektasi konsumen Indonesia lebih tinggi dari itu,” lanjutnya.

Datsun dihidupkan kembali Nissan pada 2013 dan masuk Indonesia pada 2014. Saat ini mereka banyak beroperasi di negara-negara berkembang, dengan pasar utama serta basis produksi di Indonesia, India, Rusia.

Di ‘Negeri Hindustan’, Datsun mempunyai tiga model yakni Redi-Go, Go, dan Go+ Panca. Di Rusia, merek ini masuk dengan dua model, Mi-Do plus On-Do.

Dari ketiganya, Indonesia diklaim sebagai pasar terbesar Datsun di lingkup global. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan, sejak 2014 hingga 2017, volume penjualan mereka ialah 85.845 unit. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual