Carlos Ghosn Kembali Mendapat Tuduhan Baru

Berita Otomotif

Carlos Ghosn Kembali Mendapat Tuduhan Baru

TOKYO – Nissan mengklaim bahwa Carlos Ghosn, mantan Chairman dan CEO Nissan telah menerima pembayaran yang tidak seharusnya sebesar USD 8,9 juta melalui perusahaan joint venture.

Produsen mobil asal Jepang ini mengatakan bahwa Ghosn telah menerima sebuah kompensasi dari paket yang sehat dari perusahaan joint venture di Belanda. Namun, Ghosn menandatanganinya tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan Hiroto Saikawa, CEO Nissan dan Osamu Masuko, Chief Executive.

Nissan memandang pembayaran yang diterima Ghosn dari perusahaan joint venture tersebut sebagai hasil dari pelanggan dan akan mempertimbangan hal tersebut,” tutur Nissan dalam pernyataan resminya.

Pengungkapan ini hanyalah sebuah seri terbaru dari kontroversi yang melibatkan Ghosn beberapa minggu terakhir.

Mantan eksekutif Aliasi Nissan-Renaut-Mitsubishi ini dituduh telah melakukan pelanggaran keuangan dan pelanggan kepercayaan. Ia telah dituduh menyembunyikan penghasilan sebenarnya dari Pemerintah Jepang. Akibatnya, Ia pun ditahan oleh Pemerintah Jepang.

Ghosn sendiri sudah melakukan pembelaan dalam persidangan pertamanya beberapa waktu lalu dan meminta untuk segera dibeaskam. Namun tetap Pemerintah Jepang tetap melakukan penahan atas tuduhan yang diberikan.

Sebelumnya, Ghosn juga terpaksa kehilangan posisi strategisnya sebagai CEO Nissan dan Mitsubishi. Sementara itu posisinya di Renault juga terancam karena Pemerintah Perancis sebagai pemilik 15 persen saham Renault sedang mempertimbangkan untuk mengganti Ghosn. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support