Carlos Ghosn Diperkirakan akan Rayakan Natal di Penjara

Berita Otomotif

Carlos Ghosn Diperkirakan akan Rayakan Natal di Penjara

TOKYO – Carlos Ghosn diperkirakan akan merayakan hari Natalnya di penjara Tokyo karena penahanannya akan diperpanjang melalui tuduhan baru.

Ghosn seharusnya bisa keluar dari penjara pada 10 Desember 2018. Namun Jaksa Tokyo berencana untuk memperpanjang masa penahanannya dengan memberikan tuduhan baru. Sayang, hingga kini belum ada informasi tuduhan baru apa lagi yang akan dituntut.

Namun, sesuai dengan tuduhan awal, Ghosn melakukan konspirasi bersama dengan Greg Kelly, Direktur Nissan untuk mengecilkan pendapatannya sebesar setengah dari USD 88 juta yang diterima dari 2011 hingga 2015. Itu artinya, Ia telah mencurangi pemerintah Jepang atas pajak yang harus Ia bayarkan.

Kasus tersebut pun membuatnya harus dipecat dari Nissan dan Mitsubishi. Namun Renault masih mempertahankan Ghosn sebagai Chairman. Kondisi pria berdarah Libanon ini pun disebut-sebut akan dibahas lebih lanjut pada pertemuan Perancis dan Jepang saat G20 mendatang.

Pada 19 November 2018, pemerintah Jepang melakukan penahanan Carlos Ghosn karena dilaporkan telah melakukan penipuan pajak. Berdasarkan hukum Jepang, penahanan seseorang dengan tuduhan resmi bisa dilakukan selama 10 hari. Dalam periode tersebut, tertuduh bisa diperpanjang masa tahanannya bila ada ada tuduhan resmi. Namun, bila sampai batas waktu yang ditentukan tidak ada tuduhan resmi, maka tahanan tersebut harus dibebaskan.

Tapi ternyata timbul tuduhan berikutnya. Nissan sendiri menuduh Ghosn telah  menggunakan uang perusahaan untuk liburan pribadi, membeli rumah dan memberi sumbangan atas namanya pribadi. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support