Bridgestone dan Microsoft Kembangkan Alat Pantau Kerusakan Ban

Berita Otomotif

Bridgestone dan Microsoft Kembangkan Alat Pantau Kerusakan Ban

NASHVILLE - Bridgestone dan Microsoft kembangkan alat pantau kerusakan ban sekaligus melakukan investigasi kapan serta di mana terjadi kerusakananya guna memperingatkan pengendara-pengendara lain.

Kondisi ban yang prima tentu menjadi salah satu jaminan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Kerusakan pada ban yang biasanya spontan terjadi tentu akan mengganggu perjalanan Anda.

Paku atau mungkin serpihan benda tajam menjadi musuh lama dari ban. Anda mungkin salah satu yang pernah merasakan bagaimana tidak nyamananya ketika ban kendaraan mengalami kebocoran.

Bridgestobne dan Microsoft kemudian bekerjasama untuk mempermudah perawatan yang diberinama Tire Damage Minitoring System (TDMS). Fitur ini lebih advance dibandingkan dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) seperti yang terdapat pada mobil-mobil Wuling.

Intinya jika TMPS hanya memantau tekanan angin pada ban, TDMS bisa lebih dari itu, karena fitur ini bisa memberitahu kerusakan yang dialami ban setiap saat.

Misal, pada detik itu Anda melindas paku, TDMS akan langsung memberikan signal telah terjadi kerusakan. Selain itu juga dapat mencatat di daerah mana saat ban kendaraan Anda mengalami kerusakan.

TDMS mampu secara konstan memantau kondisi ban kendaraan. Sistem monitoring ini terhubung ke Microsoft Connected Vehicle Platform dan secara konstan melakukan scan untuk terus mengetahui kondisi ban.

Bridgestone sendiri mengatakan bahwa sistem yang mereka kembangkan bersama Microsoft ini sangat bergantung pada sensor  pada kendaraan. Data tersebut nantinya akan dikirim ke Connected Vehicle Platform.

Dengan kinerja demikian, TDMS masuk dalam sistem keselamatan aktif yang akan memberikan info secara langsung saat terjadi kerusakan pada ban. Pengemudi tentu bisa segera melakukan antisipasi.

Pengemudi juga akan langsung mengetahui di jalan mana kerusakan ini terjadi. Sistem navigasi kendaraan memiliki peran dalam hal pemetaan posisi kejadian. Data yang diambil dan disimpan kemudian digunakan untuk memperingatkan pengendara lain agar berhati-hati jika melewati jalan tersebut.

Bridgestone dan Microsoft saat ini masih melakukan penyempurnaan pada TDMS serta sangat serius untuk segera melansirnya. Tentu akan mengandeng pabrikan mobil kemudian menjadikan TDMS sebagai fitur standar kendaraan di masa depan. [Ari]

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar