BMW X3 dan X4 M Competition Diluncurkan, Total Kuota Cuma 12 Unit

Mobil Baru

BMW X3 dan X4 M Competition Diluncurkan, Total Kuota Cuma 12 Unit

JAKARTA – BMW Group Indonesia lagi-lagi meluncurkan mobil baru di Indonesia pada 2020. Kali ini, dua model hadir bersamaan yaitu X3 M Competition serta X4 M Competition dengan total kuota cuma belasan unit untuk tahun ini.

X3 M Competition plus X4 M Competition merupakan model anyar kesepuluh dan kesebelas dari mereka tahun ini. Sebelumnya dari merek BMW ada Seri 6 GT, M5 35 Years Edition, Seri 3 Touring, X6 sedangkan dari merek MINI ada Clubman, John Cooper Works Clubman, John Cooper Works Countryman, Countryman Blackhead Edition, hingga Cooper GT Edition.

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, menjelaskan bahwa X3 M Competition maupun X4 M Competition diimpor secara utuh dari Amerika Serikat. Pabriknya berlokasi di Carolina Selatan.

Seremoni peluncuran masih dilakukan secara virtual pada Kamis (16/7/2020) karena pandemi virus Corona  (Covid-19) yang melanda negeri ini sejak Maret silam. Banderol keduanya di atas Rp 2 miliar.

“X3 M Competition dijual seharga Rp 2.189.000.000 off-the-road dan X4 M Competition Rp 2.229.000.000,” kata Anindyanto Dwikumoro, Product Planning BMW Group Indonesia dalam siaran langsung via aplikasi Zoom.

Sivakumar Krishnan, General Manager BMW Eurokars, menjelaskan bahwa secara total kuota tahun ini hanya 12 unit, 10 unit untuk X3 M Competition dan 2 unit untuk model lainnya. Sebanyak 30 persennya sudah memiliki pemilik. Pada tahun depan, kuota untuk Indonesia diusahakan lebih banyak lagi.

Spesifikasi
Keduanya sama-sama menyandang mesin BMW TwinPower Turbo terbaru dan terkuat, dengan kapasitas 3.0-l, enam silinder segaris, bi-turbo berdaya 510 hp (30 hp lebih tinggi dari varian M non-Competition) dan torsi 600 Nm. Padanannya ialah transmisi 8-percepatan Steptronic.

Akselerasi 0 – 100 km per jam hanya 4,1 detik. Adapun kecepatan maksimalnya diatur secara elektronik untuk menyentuh 250 km per jam.

Tenaga disalurkan ke empat roda melalui sistem AWD xDrive termutakhir. Ada dua mode sistem penggerak yang dapat dipilih, AWD maupun AWD Sport.

Masih ada lagi sasis dengan rigiditas mumpuni antara lain berkat strutbar serat karbon di kap mesin dan axle belakang. BMW membenamkan pula M-Suspension, M-Specific Steering, M-Compound Brakes, tiga mode berkendara, Dynamic Stability Control, M-Dynamic Mode, sampai Head-up Display yang dikendalikan dari iDrive.

Interior X3 M Competition maupun X4 M Competition dimodali jok kursi M Sport dengan pelapis leather Merino yang dapat dipilih dalam varian Black atau varian dua warna, yaitu Sakhir Orange/Black dan Adelaide Grey/Sakhir Orange. Semua model dilengkapi dengan bantalan lutut di sisi konsol tengah sebagai standar.

Pelapis leather Merino dalam skema warna baru Midrand Beige/Black dengan aplikasi Alcantara tersedia secara eksklusif untuk keduanya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar