MINI Ingin Lebih Agresif Serang Indonesia Tahun Ini

Berita Otomotif

MINI Ingin Lebih Agresif Serang Indonesia Tahun Ini

JAKARTA – MINI mengakui ingin menyerang Indonesia lebih agresif tahun ini berbekal produk rakitan lokal, produk baru, dan penambahan dealer.

Pada awal 2020, tepatnya pada Jumat (14/2/2020), MINI langsung meluncurkan tiga model anyar. Ketiganya adalah Clubman, John Cooper Works Clubman, plus John Cooper Works Countryman.

Jodie O’Tania selaku Communication Director BMW Group Indonesia mengaku bahwa salah satu alasan mereka langsung merilis tiga model pada awal tahun adalah karena ingin tumbuh secara agresif. Sayang, ia tidak bersedia menyebutkan berapa besar peningkatan penjualan yang ia incar.

“Iya, bisa dibilang (target MINI tahun ini) agresif,” ucap Jodie menjawab pertanyaan Mobil123.com usai acara peluncuran tiga model tersebut di Jakarta.

Pada 2019 sendiri MINI sanggup menjual 700 unit dengan Countryman sebagai model terpopuler. Volume ini naik 34,6 persen ketimbang 2018.

Ambisi MINI pada 2020 didasarkan pada beberapa hal. Pertama, kata Jodie, pasar mobil premium di Indonesia masih bisa amat berkembang karena porsinya pada 2019 saja belum sampai 1 persen dari total pasar yang berjumlah 1,030 juta unit.

Ini juga yang menjadi alasan penjualan MINI tahun lalu masih mampu berkembang meski pasar mobil nasional turun 10 persen, selain karena adanya dua model edisi spesial. Sekadar mengingatkan, model itu adalah Ice Blue serta 60th Year Anniversary Edition.

“Mereka yang merupakan penggemar MINI sudah menunggu-nunggu dan model ini hanya ada saat itu. Kami juga menjualnya dalam jumlah sangat terbatas. MINI itu merek emosional. Kalau sudah pakai merek ini, mereka akan terus memakainya,” papar dia.

Alasan kedua adalah karena MINI telah melakukan perakitan lokal sejak 2018 untuk model Countryman, sehingga bisa memberikan harga lebih kompetitif. Countryman sendiri dinilai cocok dengan karakter konsumen di Indonesia karena fungsional dan berkapasitas lebih besar.

“Kami punya target tinggi karena sudah lakukan perakitan lokal. Setiap rakit kendaraan sudah pasti ada skala ekonomi di baliknya. Jadi sudah tidak lagi niche. Kami harus ambil target lebih luas lagi,” tandasnya.

Alasan ketiga ialah penambahan jaringan penjualan. Pada 2020, akan ada ‘beberapa’ dealer baru yang berlokasi di luar Jakarta.

“Dealer kami sekarang ada MINI Maxindo dan juga MINI Plasa. MINI Plasa itu yang di Gading Serpong. Maxindo di Pondok Indah dan Surabaya,” tukas Jodie.

Model Baru 2020
Model baru MINI di Indonesia pada 2020 belum selesai di tiga model yang mengaspal pada Februari ini. Masih ada lagi model yang akan mereka lepas.

Belum banyak informasi yang mereka beberkan. Satu yang bisa MINI katakan bahwa ada lagi model edisi spesial.

"MINI edisi spesial juga akan hadir. Seperti tahun lalu,” tutup Jodie. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support