BMW M2 Competition Tersedia di Dealer-dealer Indonesia Januari 2019

Berita Otomotif

BMW M2 Competition Tersedia di Dealer-dealer Indonesia Januari 2019

JAKARTA – BMW M2 Competition diperkenalkan kepada awak media dengan ketersediaan unit di jaringan penjualan di Indonesia pada awal tahun depan.

M2 Competition  bakal ada di dealer-dealer pada Januari 2019. Sayangnya, harga jual sedan sport tersebut di negara ini belum diungkapkan.

Inilah kali pertama M2 Competition dipasarkan di Indonesia. Varian M2 sebelumnya di Tanah Air adalah coupe, yang mengaspal pada 2016 silam.

Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, mengatakan langkah mereka mendatangkan M2 Competition versi termutakhir adalah wujud ambisi memperkuat model-model BMW M. Apalagi, sedan sport berukuran compact sebelumnya yaitu M2 Coupe maupun 1M Coupe diklaim sukses.

“Sosok sporty M2 Competition tergambar dari eksterior yang kuat – hadir dengan desain tajam, BMW M kidney grille yang baru, spion double-bridge, dan wide track, terefleksi dari fender yang lebar. M2 Competition tetapkan standar baru dalam segmen sports car kompak, terutama dalam hal kedinamisan, sensasi berkendara, stabilitas, tingkat presisi kemudi dan kemudahan pengendalian tanpa mengorbankan faktor yang mendukung penggunaan sehari-hari. Pembaharuan utama pada BMW M2 Competition terletak pada mesin baru dari kendaraan BMW M3/M4,” papar Ramesh.

Akselerasi 4,2 Detik
M2 Competition bermesin bi-turbo enam silinder in-line dengan teknologi BMW M TwinPower Turbo yang mampu menghasilkan daya 410 hp di 5.250 dan 7.000 rpm, sedangkan torsinya 550 Nm pada rentang putaran 2.350 dan 5.200 rpm. Sistem dual exhaust dengan flap yang dikendalikan secara elektrik juga ciptakan suara mesin khas BMW M, tetapi tetapi memiliki efisiensi bahan bakar terbilang ciamik di kelasnya.

Strutbar CFRP (Carbon Fiber Reinforced Plastic) yang mencolok dari BMW M3/M4 turut mendominasi kompartemen mesin. Sistem ini mampu tingkatkan rigiditas bagian depan dan tingkat presisi lingkar kemudi. Karakteristik pada electromechanical power steering, Active M Differential dan sistem Dynamic Steering Control (DSC) juga telah melewati tahap fine-tuning dan disesuaikan.

M2 Competition dihadirkan di Indonesia dengan pilihan transmisi enam percepatan manual atau M Double Clutch Transmission (M DCT) tujuh percepatan. Akselerasinya adalah 4,4 detik bagi transmisi manual serta 4,2 detik bagi girboks M DCT. 

Kecepatan puncak kendaraan ini dibatasi secara elektronik hingga 250 km/jam. Konsumsi bahan bakar pada transmisi 6-percepatan manual gearbox adalah 10,2 km/liter dengan emisi CO2 223 g/km. Sementara bagi transmisi M DCT 7-percepatan adalah 11 km/liter dan emisi CO2 207 g/km.

Sistem distribusi pelumas yang cerdas pada M2 Competition terinspirasi langsung dari motorsport, dengan sistem pendinginan mesin diambil dari M4 Competition Package yang telah disesuaikan.

Pengalaman motorsport bertahun-tahun BMW M GmbH terlihat pada sistem BMW M Sport Brakes yang baru. Performa pengereman maksimal karena cakram rem membesar (axle depan: 400 mm diameter, axle belakang: 380 mm diameter) dan kaliper rem warna abu-abu (enam-piston di depan dan empat-piston di belakang). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar