BMW Gunakan Platform Baru untuk Produksi SUV Listrik

Berita Otomotif

BMW Gunakan Platform Baru untuk Produksi SUV Listrik

MUNICH – BMW bakal menggunakan platform baru untuk pertama kalinya pada versi produksi sport utility vehicle (SUV) listrik Vision iNext.

Vision iNext sendiri telah menjalani debut globalnya di Los Angeles (LA) Auto Show yang dibuka untuk publik pada 30 November hingga 9 Desember. Versi produksinya direncanakan hadir pada 2020.

Vision iNext sendiri diklaim mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu sekitar 4 detik dan memiliki jarak tempuh 380 mil (611 km).

Versi produksi Vision iNext bakal menjadi model pertama yang dibangun di atas platform termutakhir BMW. Platform tersebut didesain untuk bisa digunakan di mobil bermesin pembakaran dalam (internal combustion engine/ICE), plug-in hybrid, maupun mobil listrik murni.

Platform baru itu membuat BMW lebih fleksibel lagi dalam perencanaan produk masa depan. Mereka pun dapat merakit model dengan sistem penggerak berbeda di jalur produksi sama.

BMW juga mampu membangun kendaraan dengan konfigurasi mesin terletak di belakang menggunakannya. Setelah versi produksi Vision iNext, model selanjutnya yang memakai platform baru adalah Seri 3.

Seteru abadi Mercedes-Benz ini ingin agar kelak mereka hanya perlu menggunakan dua platform bagi seluruh model mereka. Satu di antaranya adalah untuk model-model berpenggerak roda dua depan, sedangkan yang lain akan digunakan di model-model berpenggerak empat roda atau roda belakang berbanderol lebih mahal. Versi produksi Vision iNext menggunakan yang ini.

Sumber internal BMW menyebut jarak tempuh mobil-mobil listrik yang menggunakan platform tersebut nantinya bisa mempunyai jarak tempuh hingga 724 km. Varian plug-in hybrid, di sisi lain, mampu bergerak dengan hanya sistem penggerak listrik sampai dengan 100 km.

Platform termutakhir memungkinkan pula pengaplikasian teknologi mobil otonom level 5 yang tak membutuhkan lagi pengendara. Namun, pada versi produksi Vision iNext, BMW baru menerapkan teknologi mobil otonom level 3 yang menawarkan otomatisasai berkendara hingga 130 km/jam di jalan tol. Pengetesan teknologi mobil otonom level 4 serta 5 baru BMW mulai pada 2021. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar