Bikin SIM Internasional Kini Bisa Online

Berita Otomotif

Bikin SIM Internasional Kini Bisa Online

JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia meresmikan pelayanan Surat Ijin Mengemudi (SIM) Internasional online yang bertempat di lapangan Gd. Ntmc Polri, Mt. Haryono, Jakarta.

Dengan diresmikannya layanan ini maka diharapkan pembuatan SIM International akan menjadi lebih mudah dan terbuka dibanding sebelumnya. SIM ini nantinya bisa digunakan oleh Warga Negara Indonesia (WNI) di 188 negara.

“SIM internasional online kita ini telah diakui di 188 negara seluruh dunia. Tidak hanya negara Asean, melainkan negara seluruh dunia. Kemarin juga hasil rapat di Aseanapol juga mendukung soal itu. Khusus Asean itu sudah Kerjasama semua. Termasuk seluruh dunia,” ungkap Irjen Pol Drs. Istiono, M.H, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri.

Bagi yang hendak membuat SIM Internasional Online, pemohon tak perlu repot untuk mengantri lama. Mereka hanya perlu melakukan registasi secara online, membayar via transfer online, kemudian datang ke gedung SIM Internasional online di NTMC Polri untuk melengkapi administrasi, proses pembuatannya hanya 3 menit.

Persyaratan yang harus dibawa saat mengajukan SIM Internasional online adalah wajib memiliki SIM lokal atau nasional dan e-KTP. Korlantas Polri pun menggandeng Dukcapil Kemendagri, Imigrasi serta Bank BRI untuk pembayaran administarsi secara online. Adapun biaya untuk pembuatan SIM Internasional online adalah Rp 250 ribu.

“Harus ada SIM lokal dan KTP asli, makanya kita kerjasama disini adalah kerjasama dengan Dukcapil, Kemendagri, Imigrasi, BRI, dengan penguatan kelembagaan ini suatu hal yang harus kita lakukan ini lebih mudah,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support