Polisi: ABG Tak Pandai Kendalikan Emosi

Panduan Pembeli

Polisi: ABG Tak Pandai Kendalikan Emosi

JAKARTA – Belakangan ini, anak-anak usia sekolah sudah mulai mengemudikan sepedamotor atau mobil sebagai alat transportasi.

Meski beberapa dari mereka memiliki kemampuan mengemudi yang baik, namun banyak siswa tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) karena persyaratan usia tidak terpenuhi (minimal 17 tahun untuk mobil dan 16 tahun untuk sepedamotor). Untuk itulah, pernah ada usulan agar anak-anak diijinkan untuk memiliki SIM mereka sendiri.

Hal tersebut pun ternyata ditanggapi pihak Kepolisian untuk kemudian dilakukan penelitian, layak tidaknya anak-anak diberikan SIM.

“Kami bekerjasama dengan beberapa pakar untuk hal ini,” ungkap Kepala Bidang Manajemen Operasi dan Rekayasa Korlantas Polri, Kombes Polisi Unggul Sedyantoro.

"Hasilnya, mereka masih dianggap tidak layak untuk memiliki SIM. Untuk mengemudi tidak emosional dan bisa mengemudi dengan benar, itu minimal 17 tahun. Jadi kalau di jalan raya bukan hanya sekedar skill mengemudi, tapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana mengendalikan emosi, sehingga nanti bagaimana bersama orang banyak di jalan raya, dia tidak terpengaruh.”

Ia pun menambahkan bahwa banyaknya anak-anak yang mengemudikan motor bukanlah masalah pihak kepolisian semata namun merupakan masalah bersama yang harus diselesaikan semua pihak. Salah satunya adalah ketersediaan angkutan umum yang masih minim. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support