Wuling Confero dan Cortez Punya Biaya Perawatan Hanya Rp 100 Ribu per Bulan

Berita Otomotif

Wuling Confero dan Cortez Punya Biaya Perawatan Hanya Rp 100 Ribu per Bulan

TANGERANG – Wuling Confero dan Cortez diklaim sebagai dua model dengan biaya perawatan (cost of maintanance) serta biaya kepemilikan (cost of ownership) paling murah di kelas masing-masing berdasarkan studi internal di kuartal kedua. Biaya perawatan model-model ini menurut Wuling hanya kisaran Rp 100 ribu setiap bulan.

Confero bermesin bensin 1.5-liter bertarung di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) bersama Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio. Sementara itu, Cortez 1.8-liter dan Cortez 1.5-liter berada di segmen medium MPV yang diisii antara lain oleh Toyota Kijang Innova.

Taufik S. Arief, After Sales Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia, mengklaim bahwa berdasarkan riset internal mereka di April - Juni 2018, ketiganya paling terjangkau dalam dua aspek itu dibanding para kompetitor sekelas. Untuk biaya perawatan berkala, Taufik memberi ilustrasi bahwa konsumen hanya perlu menabung sekitar Rp 100 ribu per bulan.

Pasalnya, rata-rata biaya perawatan per bulan untuk Confero 1.5-liter adalah Rp 111.686. Adapun Cortez 1.8-liter adalah Rp 114.740. Untuk Cortez 1.5-liter, rata-rata biaya perawatan per bulan adalah Rp 100.512.

“Itu kami dapat berdasarkan studi di kuartal kedua. Memang statusnya seperti yang kami katakan ini. Pergerakan harga suku cadang sendiri dinamis dan mungkin ada perubahan harga di bulan-bulan ke depan. Tapi yang pasti dari studi kami kemarin hasilnya demikian,” paparnya menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada 2 – 12 Agustus di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Tangerang.

Taufik mencontohkan biaya perawatan Confero lebih murah 18 persen dibandingkan kompetitor terdekat dalam aspek purnajual. Sementara, Cortez 1.8-l mempunyai biaya perawatan 28 persen lebih rendah ketimbang pesaing terdekat soal itu.

Biaya kepemilikan Confero sendiri diklaim 14 persen lebih rendah dari pesaing terdekat. Sementara Cortez 1.8-liter memiliki selisih 15 persen.

“Biaya kepemilikan ini adalah biaya perawatan berkala dan tak berkala. Komponen biaya bensin tidak dihitung karena itu relatif sekali, tergantung bagaimana konsumen menggunakannya,” tandas Taufik. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual