Wuling akan Luncurkan Mobil Lebih Murah dari Confero Akhir 2018

Berita Otomotif

Wuling akan Luncurkan Mobil Lebih Murah dari Confero Akhir 2018

TANGERANG – Wuling bermesin 1.2-liter yang kemungkinan besar lebih murah dari Confero 1.5-liter dipastikan akan meluncur di Indonesia pada penghujung 2018. Tetapi, namanya bukan Confero 1.2-liter seperti rencana awal.

Jason Ding, Brand and Marketing PT. SAIC General Motors Wuling (Wuling) Indonesia mengatakan bahwa Wuling 1.2-liter akhirnya diputuskan meluncur akhir tahun ini. Menariknya, Jason menjelaskan konsep awal produk telah dirombak.

“Kami mengubah produknya, spesifikasinya, strukturnya, namanya. Mobil ini tetap 1.2-liter tapi kami menaruhnya di segmen berbeda,” ujar dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, 2 – 12 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang.

Seperti diberitakan sebelumnya, rencana menghadirkan multi purpose vehicle (MPV) 1.2-liter berbasis sama dengan Confero 1.5-liter sudah dibeberkan oleh Wuling sejak Juli 2017 saat meresmikan pabrik di Cikarang, Bekasi. Namun, dalam perkembangannya, pabrikan asal China ini mengkaji ulang produk dan potensi pasar.

Waktu peluncuran pun molor dari awal 2018 menjadi akhir 2018, awal 2019, atau bahkan terancam batal. Wuling sendiri kini bertarung di Indonesia dengan tiga produk yaitu Confero 1.5-liter (meluncur Agustus 2017), Cortez 1.8-liter (Februari 2018), Cortez 1.5-liter(April 2018).

Jason tidak menjelaskan secara rinci ada apa di balik pengkajian ulang mobil bermesin 1.2-liter mereka. Ia hanya menerangkan Wuling melihat peluang di segmen lain.

“Perubahan ini betul-betul karena pemosisian produk saja. Kami percaya dengan mengubah fitur-fitur produk 1.2-liter itu, kami punya kesempatan untuk menghadirkan mobil untuk kegunaan lain dalam hal fungsi,” paparnya.

Tetap Platform Confero
Meski berubah nama, spesifikasi, hingga segmen, Jason menerangkan Wuling 1.2-liter tetap menggunakan platform Confero. Mobil ini pun tak dibebankan target penjualan terlalu banyak mengingat peluncurannya terjadi di akhir tahun.

“Kami tetap memakai platform Confero, akan maksimalkannya. Mobil ini hanya akan memberikan volume tambahan yang tak signifikan karena baru hadir di akhir tahun. Jadi, ekspektasi kami tak terlalu besar,” papar Jason.

Wuling pada 2018 mengincar target penjualan 30 ribu unit. Adapun penjualan mereka pada semester satu, jika menilik data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), adalah 8.120 unit.

Wuling mengaku belum merevisi target penjualan. Pihaknya bakal berusaha menggeber penjualan di semester dua. Sayang, ia tidak mau menjabarkan komposisi penjualan dari produk-produk mereka.

“Kontributor terbesar nanti pastinya masih Confero karena di situlah segmen serta peluang terbesar ada,” tutur Jason. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support