Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Berkat Subsidi, Toyota Makin Banyak Rakit Mobil Listrik di Indonesia?

Berita Otomotif

Berkat Subsidi, Toyota Makin Banyak Rakit Mobil Listrik di Indonesia?

SEMARANG – Toyota Indonesia makin percaya diri mengajukan perakitan mobil listrik dari berbagai teknologi ke prinsipal, berkat rencana subsidi dari pemerintah.

Seperti diketahui, pemerintah sedang bersiap memberikan subsidi Rp40 juta bagi mobil hybrid dan Rp80 juta bagi mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV). Salah satu syaratnya adalah memiliki pabrik di Indonesia.

Toyota sendiri sudah merakit lokal satu model elektrifikasi yaitu Kijang Innova Zenix hybrid yang meluncur pada 21 November 2022. Jenama asal Jepang tersebut pernah mengungkapkan fokus mereka untuk memproduksi model-model hybrid terlebih dahulu di Tanah Air.

Kabar terbaru, Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menegaskan pihaknya juga terus meminta ke prinsipal agar pabrik di Indonesia merakit pula mobil listrik murni. Rencana pemberian subsidi yang menurunkan harga jualnya dipercaya bakal memperkuat pengajuan tersebut.

Toyota bZ4X

“Memang, untuk BEV termasuk Toyota bZ4X dan model Lexus masih kami impor. Di sisi lain, sesuai dengan arahan dan rikues dari pemerintah, juga kebutuhan masyarakat, kami pasti selalu meminta prinsipal untuk mempertimbangkan agar ke depannya tidak hanya mengimpor tapi juga memproduksi BEV di Indonesia,” ungkap Anton menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Media Test Drive Kijang Innova Zenix, 19-20 Desember di Semarang, Jawa Tengah.

“Ini (pemberian subsidi mobil listrik) pasti akan membantu memperkuat rikues kami,” lanjut dia.

Anton belum bisa memprediksi kapan Toyota dapat merakit mobil listrik murni di Indonesia. Poin-poin diskusi dengan prinsipal juga tidak dapat ia bocorkan sedikit pun.

“Kami enggak bisa berspekulasi timing-nya kapan karena masih diskusi,” lontarnya.

Toyota bZ4X

President Director PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, dalam kesempatan berbeda di Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu mengatakan kalau hingga 2024 model-model yang akan dirakit lokal sudah diputuskan.

Namun, pada tahun-tahun setelah itu, berbagai kemungkinan masih terbuka.

Toyota secara total kini menjual 15 model mobil hybrid, plug-in hybrid (PHEV), serta mobil listrik murni dengan logo Toyota maupun Lexus. Termasuk di antaranya bZ4X yang meluncur pada 10 November 2022.

Kendati begitu, model termurah untuk sementara adalah Kijang Innova Zenix hybrid dengan harga on the road (OTR) Jakarta Rp458 juta sampai Rp614 juta. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang