Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

SPK Mobil Listrik Toyota di IIMS 2024 Melonjak, Innova Zenix Hybrid Lebih Laku dari Avanza!

Mobil Listrik

SPK Mobil Listrik Toyota di IIMS 2024 Melonjak, Innova Zenix Hybrid Lebih Laku dari Avanza!

JAKARTA – Mobil-mobil listrik Toyota, khususnya yang berteknologi hybrid, unjuk gigi dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Bahkan, Kijang Innova Zenix hybrid menjadi mobil terlaris Toyota selama pameran, mengalahkan Avanza.

Jika diakumulasikan, model-model elektrifikasi Toyota mulai dari mobil hybrid, plug-in hybrid (PHEV), sampai mobil listrik murni mendapatkan SPK 762 SPK unit atau sekitar 30 persen dari total SPK Toyota selama IIMS 2024 yang berlangsung pada 15-25 Februari di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Angka tersebut, menurut keterangan resmi Toyota pada awal pekan ini, meningkat lima kali lipat dari SPK kendaraan elektrifikasi Toyota di IIMS tahun lalu yang ‘hanya’ 150 SPK.

Toyota sendiri secara total mampu mengumpulkan SPK sebanyak 2.540 unit dalam IIMS 2024. Terjadi peningkatan 30 persen dibandingkan dengan pagelaran edisi tahun sebelumnya.

mobil Toyota di Indonesia

Kijang Innova Zenix hybrid menjadi yang terdepan, dengan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) dengan jumlah 411 unit selama IIMS 2024. Multi purpose vehicle (MPV) legendaris di pasar Indonesia ini menjadi mobil Toyota terlaris selama pameran otomotif tersebut, mengalahkan model-model bermesin konvensional.

Kontribusi Kijang Innova Zenix hybrid mencapai 16,2 persen dari total pemesanan Toyota di pameran itu.

Avanza, kendaraan berjuluk ‘mobil sejuta umat’ yang eksis di Tanah Air sejak 2004, menjadi model terlaris kedua Toyota dalam IIMS 2024, dengan SPK 280 unit (berkontribusi 15 persen). Di tempat ketiga, lagi-lagi ada mobil ramah lingkungan yakni Toyota Yaris Cross hybrid, dengan SPK 217 unit (8,5 persen).

Posisi empat diisi oleh Toyota Veloz, dengan SPK 190 unit (7,5 persen). Lalu, pada ranking kelima, bercokol Kijang Innova Zenix bensin, dengan SPK 180 unit (7,1 persen).

Toyota Yaris Cross hybrid di IIMS 2024

Toyota melihat adanya dua model mobil hybrid rakitan lokal dalam daftar tiga besar mobil terlaris mereka selama IIMS 2024 sebagai pertanda baik bagi era elektrifikasi.

“Pencapaian ini merupakan sinyal positif bahwa industri otomotif terutama kendaraan elektrifikasi akan tumbuh semakin kuat ke depannya, sekaligus mendorong roda perekonomian negara,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

Toyota sendiri memanfaatkan IIMS 2024 untuk memperkuat lini produk elektrifikasi mereka, khususnya di sektor mobil hybrid. Pada hari perdana pameran, mereka merilis All New Toyota Vellfire hybrid.

All New Vellfire hybrid langsung mendapatkan SPK sebanyak 55 unit, menemani ‘saudaranya’ Toyota Alphard hybrid yang mengumpulkan SPK 57 unit.

“Sejalan kampanye ‘It’s Time for Everyone’, Toyota akan menghadirkan lebih banyak lagi kendaraan elektrifikasi di masa depan guna mendukung partisipasi masyarakat yang lebih luas untuk mencapai netralitas karbon dan menghadirkan ever-better cars,” tutup Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang