Awas, Mulai Hari Ini Ada Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Tol Jagorawi

Berita Otomotif

Awas, Mulai Hari Ini Ada Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Tol Jagorawi

JAKARTA - Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) dan Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) menggelar uji coba rekayasa lalu lintas di ruas tol Jagorawi.

Jelang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Km 10 arah Ciawi, kepadatan sering kali terjadi. Hal ini karena adanya pertemuan lalu lintas (merging) Off Ramp TIP Km 10, antara kendaraan yang keluar dari TIP Km 10 dengan kendaraan yang melintasi di jalur utama Jalan Tol Jagorawi.

Diperlukan langkah nyata untuk dapat mengatasi hal kemacetan tersebut sehingga dapat menguntungkan pengguna jalan tol. Rekayasa lalu lintas pun menjadi salah satu upaya yang selama ini terlah terbukti berhasil di beberapa ruas jalan sehingga JMT dan JMTO berinisiatif untuk melakukan hal ini.

TOl Jagorawi

JMT dan JMTO bekerjasama dengan pihak Kepolisian akan melakukan Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas untuk mengatasi kepadatan tersebut,  yang akan dimulai pada hari Senin (15/03/2021). Metode yang digunakan antara lain sebagai berikut:

  • Penempatan Water Barrier sepanjang 450 M pada bahu luar dimulai dari Km 10+550 s.d Km 11+000 arah Ciawi yang bertujuan untuk mensterilkan bahu jalan, sehingga tidak digunakan sebagai jalur lalu lintas, selain kondisi darurat;
  • Penempatan Stick Cone sepanjang 15 m mulai dari Off Ramp TIP Km 10 untuk menghindari kendaraan crossing.

Pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas ini diharapkan dapat memperbaiki aliran lalu lintas, meningkatkan waktu tempuh perjalanan, menertibkan lalu lintas, mengurangi kendaraan crossing, dan pada akhirnya dapat memperlancar lalulintas. Hasil dari uji coba ini akan dilakukan evaluasi, untuk kemudian diberlakukan secara permanen jika terbukti dapat mengurai kepadatan lalu lintas setelah keluar dari TIP Km 10 arah Ciawi.

Selama kegiatan uji coba rekayasa berlangsung diharapkan kerjasama dari seluruh pengguna Jalan Tol Jagorawi agar tetap berhati-hati, tertib di lajurnya, serta memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas.

Meski demikian, kami menyarankan kepada para pengguna jalan untuk mengantisipasi adanya kepadatan lalu lintas. Tidak ada salahnya untuk melakukan penghitungan ulang lama perjalanan agar tidak terlambat sampai tujuan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar