Auto2000 Siapkan Fasilitas Uji Emisi untuk Dukung Penerapan EURO 4

Berita Otomotif

Auto2000 Siapkan Fasilitas Uji Emisi untuk Dukung Penerapan EURO 4

JAKARTA – Auto2000 mengumumkan kesiapan mereka mendukung penerapan standar EURO 4 di Indonesia dengan menyediakan fasilitas uji emisi.

Jaringan dealer Toyota terbesar di Indonesia tersebut mengumumkan penyediaan fasilitas uji emisi di bengkel-bengkel resmi mereka. Para konsumen dapat melakukan pengetesan level emisi kendaraan secara gratis, selama hal itu dilakukan bersamaan dengan servis berkala.

Seperti diketahui, tingkat emisi kendaraan di Indonesia memang bakal  diperketat oleh pemerintah. Per September 2018, seluruh mobil baru bermesin bensin yang dijual di Tanah Air wajib lulus standar EURO 4, bukan lagi EURO 2. Sementara, kendaraan bermesin diesel mendapatkan keringanan karena baru diwajibkan berstandar EURO 4 mulai 2021.

Auto2000 berharap, dengan memiliki fasilitas pengujian sendiri, mereka dapat menjaga tingkat emisi gas buang mobil-mobil baru Toyota sesuai standar EURO 4. Anak perusahaan dari Grup Astra tersebut juga berharap dapat melakukan deteksi dini jika terjadi kerusakan atau malfungsi yang meningkatkan produksi gas karbon kendaraan.

Khusus di wilayah Ibu Kota, Auto2000 juga mengadakan pelatihan teknisi dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta untuk memasukkan data hasil uji emisi kendaraan ke sistem milik institusi tersebut. Konsumen dapat pula melihat data emisi mobil mereka melalui aplikasi smartphone, atau mencetaknya untuk keperluan administrasi seperti perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Fasilitas uji emisi lengkap dan modern serta teknisi andal yang kompeten dalam melaksanakan tugasnya merupakan bukti keseriusan Auto2000 mendukung program pemerintah dalam menerapkan standar emisi kendaraan setingkat EURO4. Oleh karena itu, Auto2000 mengajak seluruh pemilik mobil Toyota agar dapat melakukan uji emisi gas buang saat servis berkala, baik di bengkel resmi Auto2000 atau lewat layanan THS (Auto2000 Home Service) yang bisa di-booking via aplikasi Auto2000 Mobile,” ucap terang Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar