Toyota Buka Dealer Tukar-Tambah Mobil Baru di Bintaro

Berita Otomotif

Toyota Buka Dealer Tukar-Tambah Mobil Baru di Bintaro

BINTARO – Toyota Trust, dealer yang hanya melayani pembelian mobil baru Toyota dengan cara tukar-tambah (trade-in), dibuka di Bintaro. Toyota Trust melakukan inovasi dengan proses transaksi berbasis digital yang diklaim cepat, mudah, aman dan nyaman.

Toyota Trust diinisiasi anak perusahaan PT. Astra International yaitu Auto2000 dengan melibatkan PT. Toyota Astra Motor (TAM) beserta perusahaan-perusahaan pembiayaan milik Astra. Adapun lokasinya terletak di Kawasan Niaga Bintaro Sektor 7, Jl. MH Thamrin Blok B No.2, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Martogi Siahaan, Chief Executive Officer Auto2000, menjelaskan bahwa fokus utama Toyota Trust adalah melayani tukar-tambah mobil baru. Selain itu, mereka juga melayani pembelian mobil bekas Toyota. Namun, pihaknya tidak meladeni penjualan mobil bekas dari konsumen.

“Tukar-tambah mobil non-Toyota dengan Toyota baru bisa enggak? Oke saja, enggak masalah. Yang penting tukarnya ke mobil baru merek Toyota,” tandasnya di dalam sesi wawancara usai seremoni pembukaan Toyota Trust, Senin (30/7/2018).

Adapun keunggulan membeli mobil bekas Toyota di dealer satu ini adalah adanya sertifikasi langsung dari pabrikan mengenai kondisinya yang layak. Pasalnya, mobil-mobil bekas yang ditawarkan sudah dicek di 170 titik oleh para tenaga terlatih yang sudah dilatih langsung oleh Toyota Asia-Pasifik.

“Sumber mobil bekas kami adalah konsumen-konsumen yang mau menukarkan mobil bekas dengan mobil  baru dari Auto2000,” jelas Martogi lagi.

Fransiskus Soerrjopranoto, Executive General Manager TAM, menjelaskan keunggulan membeli mobi bekas Toyota di Toyota Trust adalah rekam jejaknya yang jelas. Pasalnya, historis pemakaian terlacak sehingga kualitasnya terjamin dengan sertifikasi langsung dari Toyota.

Itu kenapa ada extended warranty mesin dan transmisi selama 20 ribu km atau satu tahun dari TAM. Tidak ada dealer mobil bekas lain yang seperti itu,” tandas Soerjopranoto.

Henry Tanoto, Vice Presiden Direktur TAM, menjelaskan bahwa dengan Toyota Trust pihaknya lebih serius menggarap pasar mobil bekas.

“Dulu kami jarang memikirkan bagaimana konsumen membeli mobil bekas karena fokus pada mobil baru. Tapi sekarang semua kami kombinasi, enggak Cuma bicara mobil baru tapi bagaimana beli mobil bekas terbaik dengan proses tukar-tambah mudah,” ungkapnya.

Berbasis Digital
David Tuerah, Business Strategy Manager Toyota Trust, mengatakan konsumen bisa langsung mendatangi dealer untuk melakukan tukar-tambah. Selain itu, pihaknya juga menyediakan transaksi berbasis digital sehingga konsumen bisa melakukan pembelian dan penjualan tanpa beranjak dari tempat duduk.

Ada tiga proses tukar-tambah yang mesti dilewati yaitu online booking appraisal, online integrated appraisal, kemudian online offering. Kelebihannya, konsumen bisa membuat janji dengan tenaga ahli yang nantinya menghampiri untuk mengecek kendaraan.

Martogi menambahkan bahwa sistem Toyota Trust terintegrasi secara online dengan Auto2000. Hal ini memudahkan para konsumen Auto2000 untuk melakukan tukar-tambah mobil baru. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar