Asyik, Toyota Indonesia Buka Kemungkinan Jual Yaris Gazoo Racing

Berita Otomotif

Asyik, Toyota Indonesia Buka Kemungkinan Jual Yaris Gazoo Racing

JAKARTA – Toyota mengaku pihaknya telah menerima pertanyaan dari para dealer maupun konsumen di Indonesia mengenai Yaris Gazoo Racing (Yaris GR). Merek asal Jepang ini pun tak menutup kemungkinan untuk menjualnya di negeri ini.

Yaris GR merupakan versi mobil balap dari Yaris yang mulai dijual di Jepang sejak 4 September 2020. Toyota, pada 16 September mendatang, juga akan menggelar acara virtual untuk memamerkan penampakan aslinya mobil seharga Rp 370 – 630 jutaan tersebut.


Ada dua pilihan mesin bensin yang Toyota sediakan bagi Yaris GR yakni 1.5-liter 118 hp 145 Nm atau 1.6-liter turbo 270 hp 370 Nm. Untuk transmisi, ada Direct Shift CVT atau 6-percepatan iMT.

“Yaris GR ini memang menarik karena memang didesain untuk mengikuti WRC (World Rally Championship). Jadi, mayoritas dari porsi komponen produk ini akan dipakai di mobil balap untuk ajang itu. Misalnya mesin, transmisi, sasis, dan lain-lain,” aku Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers peluncuran Yaris facelift via Zoom pada Selasa (8/9/2020).

Dealer-dealer resmi maupun para konsumen Toyota di Tanah Air pun, menurutnya, menaruh perhatian terhadap mobil ini. Mereka sudah menunjukkan ketertarikan.

“Sudah ada beberapa pertanyaan atau permintaan dari dealer atau konsumen untuk Yaris GR. Terutama konsumen-konsumen yang memang latar belakangnya adalah penggemar mobil racing atau mobil sport,” tukas dia.


Anton pun membuka peluang untuk mengimpor utuh serta menjualnya di Nusantara. Tentunya, TAM sebagai agen pemegang merek mesti mempelajari dan mendiskusikannya dulu dengan Toyota Motor Corporation di ‘Negeri Sakura’ sebagai prinsipal.

“Saya pribadi sangat tertarik dengan mobil ini. Konsumen pun tertarik. Kami positif bakal mempelajari apakah pangsa pasarnya untuk Indonesia bisa kami include (masukkan),” beber dia.

Di Jepang, Yaris GR dipasarkan dalam empat varian yaitu RS, RC, RZ, sampai High Performance. Opsi terbawah dijual seharga 2,65 juta yen atau sekitar Rp 371,01 juta (1 yen = Rp 140). Adapun banderol tipe tertinggi mencapai 4,56 juta yen atau setara Rp 638,41 juta.


Yaris GR diproduksi di pabrik Motomachi, Jepang. Toyota berharap dapat menjual setidaknya 1.100 unit per bulan.

“Yaris GR itu segmen dan harganya berbeda (dengan Yaris biasa). Bahkan, di Jepang sendiri harganya berada cukup lumayan di atas yang model biasa. Dari sisi segmen beda. Performa, kemampuan mesin, bodi, pengereman beda,” tutup Anton. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar