Pengemudi Sering Putar Balik, Toyota Ubah 1 Hal di Yaris Facelift 2020

Berita Otomotif

Pengemudi Sering Putar Balik, Toyota Ubah 1 Hal di Yaris Facelift 2020

JAKARTA – Toyota menyebut kebutuhan pengemudi khususnya di Jakarta unik, yaitu perlu sering putar balik. Karena itulah, radius putar Toyota Yaris facelift 2020 mereka ubah jadi lebih kecil.

Toyota Yaris facelift 2020 meluncur secara virtual pada Selasa (8/9/2020). Harga on-the-road (OTR) Jakartanya dimulai dari Rp 263,4 juta sampai 301,4 juta.

Salah satu ubahan pada sisi teknis dari pesaing Honda Jazz ini adalah radius putar yang lebih kecil, menjadi 5,1 meter. Adapun radius putar Toyota Yaris versi lawas 5,7 meter.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa hal ini merupakan masukan mereka kepada prinsipal di Jepang, berdasarkan saran dari konsumen. Pasalnya, kebutuhan pengemudi di Indonesia, khususnya Ibu Kota Jakarta, cukup unik bagi orang Jepang.

“Kami menjelaskan kepada enjinir Toyota bahwa di Indonesia ini banyak sekali kebutuhan melakukan U-Turn (putar balik). Di Jepang itu jarang sekali. Jalanan mereka yang sering terlihat belokan ke kanan atau ke kiri saja. Tapi jalanan di Indonesia banyak sekali putaran balik. Tiap jalan ada putaran baliknya,” papar Anton dalam konferensi pers virtual usai peluncuran.

Ubahan tersebut, lanjutnya, didapat dari pengaturan ulang steering ratio. Ada tiga komponen yang diubah.

“Ini tidak ada hubungannya dengan komponen di luar steering. Saya sebagai orang dengan latar belakang pendidikan teknik mesin harus acungkan jempol karena radius putar bisa berubah 0,6 meter hanya berdasarkan ubahan pada bagian itu. Ada tiga bagian yang disetel ulang yaitu steering column, intermediate shaft, serta steering gear-nya sendiri,” papar Anton.

Di luar itu, ubahan Yaris facelift tak banyak. Fitur yang berbeda hanya Head Unit baru dengan konektivitas gawai pintar alias smartphone, juga keberadaan Rear Parking Camera khusus varian Yaris TRD Sportivo.

Diferensiasi lain adalah gril serta bemper depan anyar. Khusus bagi varian Toyota Yaris TRD Sportivo 2020, desain lampu depan maupun lampu kabut juga dipermak, dengan penyematan bohlam LED.

Fitur keselamatan masih sama. Ada Anti-lock Braking System (ABS)+Electronically Brakeforce Distribution (EBD)+Brake Assist, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), maupun Airbag yang berjumlah tiga atau tujuh buah (tergantung tipe). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar