Stok Toyota Calya dan Agya di Dealer Sedikit, Ini Penyebabnya

Berita Otomotif

Stok Toyota Calya dan Agya di Dealer Sedikit, Ini Penyebabnya

JAKARTA – Stok Toyota Calya dan Toyota Agya di dealer-dealer saat ini terbilang sedikit. Pangkal masalahnya adalah aktivitas produksi yang belum normal di pabrik, pascapenerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Tenaga penjual salah satu dealer resmi Toyota di Jakarta yang dihubungi Mobil123.com pada Selasa (1/9/2020) sore mengatakan stok dua model low cost green car (LCGC) itu sedang habis. Menurut dia, pasokan untuk keduanya ke dealer memang tersendat.

“Dari suplainya memang sedang minim sekali,” ujar dia.

Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), ketika diminta konfirmasi, membantah stok bagi Calya dan Agya di pasar habis. Menurutnya, unit masih tersedia, tapi terbatas.

“Stok bukan habis tapi terbatas,” sebutnya melalui pesan singkat.

Anton mengakui produksi kedua model memang belum kembali ke taraf normal sejak PSBB dilonggarkan awal Juni kemarin dan pabrik kembali beraktivitas merakit kendaraan untuk pasar domestik. Namun, kondisi menurut dia sudah berangsur-angsur membaik.

Karena itu, stok Calya serta Agya di jaringan penjualan Toyota akan diisi lagi secara bertahap. Pada September ini, suplai ke dealer-dealer ia sebut bakal makin banyak.

“Akan diisi lagi gradually (secara bertahap). Khususnya di September ini,” aku Anton.

Sekadar mengingatkan, Calya dan Agya diproduksi oleh pabrik Daihatsu Karawang, Jawa Barat. Model-model tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dengan Daihatsu di Indonesia.

Calya, multi purpose vehicle (MPV) termurah Toyota, memiliki ‘kembaran’ dari sisi Daihatsu bernama Sigra. Duo ini mengaspal perdana pada Agustus 2016.

Sementara itu, Agya mempunyai kembaran dari sisi Daihatsu bernama Ayla. Sepasang hatchback ini menjalani debut di Tanah Air pada Februari 2013.

Calya terakhir kali mendapat penyegaran setahun lalu, pada September 2019. Adapun Agya facelift baru saja hadir pada Maret 2020 kemarin.

Per bulan ini, harga on-the-road Jakarta Calya menurut situs resmi dimulai dari Rp 144,55 juta sampai Rp 165,85 juta. Agya, di sisi lain, berbanderol mulai Rp 143,8 juta hingga Rp 169,29 juta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar