Aston Martin Patenkan Nama Valen, Inspirasi Bukan dari Via Valen Pastinya

Berita Otomotif

Aston Martin Patenkan Nama Valen, Inspirasi Bukan dari Via Valen Pastinya

GAYDON - Aston Martin mematenkan nama ‘Valen’, yang bagi orang Indonesia mengingatkan dengan nama penyanyi dangdut Via Valen. Akan tetapi, inspirasi pabrikan tersebut bukan berasal darinya.

Aksi Aston Martin tersebut, menurut Auto Guide beberapa waktu lalu, diketahui dari dokumen yang dipublikasikan oleh Intellectual Property Office di Inggris. Nama ini sendiri terinspirasi dari bahasa latin yang berarti ‘kuat’ dan pertama kali didaftarkan sejak akhir tahun lalu.

Belum ada keterangan resmi dari pabrikan mobil sport asal Inggris itu mengenai tujuan mematenkan nama Valen. Bisa jadi, nama tersebut akan digunakan untuk salah satu model masa depan Aston Martin.

Pasalnya, korporasi yang bermarkas di Gaydon tersebut belakangan selalu menggunakan istilah dengan huruf awal ‘V’ bagi mobil-mobil mereka kelak. Seperti misalnya ‘Varekai’ yang diambil dari bahasa Rumania dan akan digunakan calon sport utility vehicle (SUV) baru mereka.

Masih lekat dalam ingatan pula hypercar ganas Valkyrie. Mobil yang mengadaptasi banyak teknologi Formula One (F1) dan digarap bersama-sama dengan Red Bull Racing Team.

‘Adik’ Valkyrie
Auto Guide menduga Valen akan digunakan untuk hypercar yang harga maupun performanya berada persis di bawah Valkyrie. Kemungkinan, model tersebut adalah versi produksi dari AM-RB 003, mobil konsep mid-engine yang sudah Aston Martin pamerkan dalam Geneva Motor Show 2019, beberapa waktu lalu.

Kendaraan satu ini nantinya menjadi rival dari Ferrari F8 Tributo dan McLaren 720S.

Sebelum mendaftarkan nama Valen, Aston Martin juga ketahuan mematenkan nama lain lagi yakni ‘Valhalla’. Auto Guide berspekulasi bahwa ini bakal digunakan bagi model mid-engine baru Aston Martin yang belum diketahui.

Patut diketahui bahwa para pabrikan tidak selalu menggunakan nama yang mereka patenkan. Mereka kadang mencari nama-nama potensial terlebih dahulu untuk model-model yang sudah direncanakan, kemudian mematenkannya agar ‘aman’, sebelum akhirnya memutuskan mana yang dipakai.

Kita nantikan saja bagaimana di mana akhirnya Valen dan Valhalla berujung. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar