Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Asik, Daya Kendaraan Listrik Kini Bisa Diisi di Rest Area

Berita Otomotif

Asik, Daya Kendaraan Listrik Kini Bisa Diisi di Rest Area

JAKARTA – Melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil listrik kini semakin mudah karena karena sudah tersedia Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah rest area.

SPKLU tersebut berada di Rest Area Km 207 A Palikanci, SPKLU Rest Area 379 Batang, dan SPKLU Rest Area Km 519 A/B Sragen. SPKLU tersebut merupakan milik dari PLN dan diharapkan akan terus bertambah di masa depan.

Direncanakan hingga tahun 2025 mendatang, PLN akan membangun 2.400 SPKLU. Ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan.

Tak hanya itu, PLN juga melakukan uji coba kendaraan listrik dengan rute perjalanan dari Jakarta sampai ke Pulau Dewata, Bali. Dengan ujicoba ini diharapkan bisa menunjukkan kepada masyarakat akan kesiapan infrastruktur dan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Saya ingin mencoba menggunakan kendaraan listrik ini menuju Bali karena PLN sudah menyiapkan infrastruktur seperti SPKLU. Dari literatur dan infromasi yang ada penggunaan kendaraan listrik di dalam kota sangat efisien, sehingga saya ingin mencoba rute jarak jauh " ucap Komisaris PLN, Dudy Purwagandi.

Ia juga menyampaikan harapannya melalui percobaan ini agar kedepannya dapat berbagi pengalaman dengan rekan lain. Pasalnya, Ia mengetahui bahwa masih banyak yang khawatir dan bertanya terkait kendaraan listrik. Selain itu, uji coba ini juga daat menjadi masukan bagi perusahaan apabila ada yang perlu diperbaiki.

Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

SPKLU
Pemerintah Indonesia sendiri sudah menegaskan bahwa pihaknya akan mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Doddy Rahadi, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin. Ia menegaskan bahwa Pemerintah menetapkan kebijakan dan strategi percepatan pengembangan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dalam negeri melalui tiga tahapan.

“Kami melakukan pengembangan pasar kendaraan bermotor listrik nasional dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Serta pengembangan industri dalam jangka menengah panjang dan pengembangan teknologi,” paparnya.

Dari seluruh jenis kendaraan di Indonesia saat ini, Ia menilai bahwa sepeda motor listrik memiliki potensi paling bagus. Potensi tersebut dikarenakan saat ini sepeda motor merupakan kendaraan favorit di Indonesia. Bahkan, tidak sedikit orang yang memiliki sepeda motor lebih dari satu di rumahnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang