Angka Pemesanan Daihatsu Xenia Terbaru Disebut ‘Besar Sekali’, Berapa?

Berita Otomotif

Angka Pemesanan Daihatsu Xenia Terbaru Disebut ‘Besar Sekali’, Berapa?

JAKARTA – Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk All New Daihatsu Xenia diklaim sangat banyak, meski baru sebulan meluncur. Sayang, angka detailnya tak diungkap.

Xenia generasi ketiga meluncur di Indonesia pada 11 November 2021, memanfaatkan momen Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Serpong, Tangerang. Adapun harganya, dengan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang menjadi 0 persen, berkisar di Rp190-244 juta-an on the road (OTR) Jakarta.

Jadi, usianya masih amat singkat di pasar. Baru satu bulan lebih lima hari.

“Tapi, kalau teman-teman tahu, besar sekali (SPK-nya). Sudah ribuan unit, lah,” ucap Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International Daihatsu – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso dalam konferensi pers virtual pada Kamis (16/12/2021).

Kendati begitu, dia tidak bersedia membeberkan angka pasti SPK All New Xenia. Alasannya terkait dengan profil pembeli Daihatsu maupun Xenia yang mayoritas menggunakan skema kredit.

“Sebanyak 80 persen dari penjualan kami, kan, pola pembeliannya adalah secara kredit. Jadi, mereka itu banyak yang tidak lulus kreditnya sehingga nantinya rontok. Jadi, saya agak kurang enak menyampaikannya kalau data SPK karena cukup besar sekali,” aku Hendrayadi.

Hal ini, lanjutnya, menunjukkan antusiasme pasar Nusantara dalam memilih dan membeli All New Xenia tinggi sekali.

Penjualan Retail All New Daihatsu Xenia November 2021

Penjualan retail (dari diler ke konsumen) Xenia pada November kemarin, menurut Hendrayadi, masih tercampur antara model lama dengan model baru.

Untuk model anyar, angkanya adalah 468 unit.

“Data SPK itu pasti akan sekian kali lipat data penjualan retail yang kami laporkan,” ujar dia memberikan secuil petunjuk.

All New Daihatsu Xenia

All New Xenia hadir dengan pembaruan radikal di berbagai aspek. Platform, dimensi, sistem penggerak roda, desain, hingga fitur-fiturnya pun dirombak.

Xenia generasi ketiga disertai dengan beragam fitur yang lebih canggih. Ada, misalnya, Around View Camera, Head Unit 9 Inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Air Purifier, sampai teknologi bantuan pengemudian aktif Advanced Safety Assist (ASA). [Xan]

Cari mobil baru idaman Anda di sini



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar