Cerita Pengembangan All New Daihatsu Xenia, Desain Awalnya Dinilai Kurang Bagus

Berita Otomotif

Cerita Pengembangan All New Daihatsu Xenia, Desain Awalnya Dinilai Kurang Bagus

TANGERANG – Daihatsu Xenia generasi ketiga membuat kaget, karena perubahannya yang radikal dan mirip SUV. Siapa sangka, desain versi awal All New Daihatsu Xenia dinilai kurang bagus oleh perwakilan Indonesia.

All New Xenia meluncur secara resmi pada hari perdana Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, 11 November kemarin di Serpong, Tangerang. Seremoninya berlangsung sehari setelah introduksi sang ‘kakak’, All New Toyota Avanza.

Bicara harga, All New Xenia dijual mulai Rp190,9-2442,2 juta on the road (OTR) Jakarta. Adapun pilihan opsinya sangat banyak yaitu mencapai 21 tipe, jika melihat daftar harga di situs Daihatsu Indonesia.

Riset dan pengembangannya sendiri dilakukan oleh Daihatsu Motor Corporation (DMC) Jepang dengan Research and Development Center PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, Indonesia.

Kisah mengenai proses studi dari MPV ‘sejuta umat’ ini dikisahkan di sela-sela GIIAS 2021 yang berlangsung hingga 21 November mendatang.

Salah satu kisah menarik datang dari Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso.

Daihatsu Xenia 2022

Ketika AI-DSO ikut ke Jepang bersama tim ADM, Hendrayadi terkejut melihat desain awal All New Xenia, tapi dalam arti yang negatif.

“Sewaktu pertama kali saya melihat desain awal, bukan desain yang sekarang, jujur kami waktu itu merasa dan bilang juga bahwa kalau modelnya seperti ini untuk generasi ketiga, sulit bagi AI-DSO untuk menjualnya. Tidak percaya diri,” papar dia.

Ia pun memberikan masukan kepada Marketing and Corporate Planning ADM Amelia Tjandra serta tim dari R&D Center ADM. Mereka lalu menyampaikannya kepada DMC.

Akhirnya, DMC menerima masukan dan desain direvisi hingga menjadi seperti yang terlihat sekarang.

“Begitu kami lihat versi terakhirnya sekarang ini, saya merasa yakin ini yang terbaik dan yang akan diterima konsumen kami di Indonesia. Saya yakin ini desain eksterior paling baik dari semua. Saya sempat melihat beberapa sketsa sebelumnya dan ini yang paling baik,” lanjut Hendrayadi mengenai All New Xenia. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar