Angka Covid-19 Naik, MotoGP Portimao Digelar Tanpa Penonton

Berita Otomotif

Angka Covid-19 Naik, MotoGP Portimao Digelar Tanpa Penonton

PORTIMAO – MotoGP Portimao 2020 digelar tertutup tanpa penonton setelah jumlah pengidap virus corona di Portugal terus meningkat.

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang mengalami kesulitan. Bisnis lesu banyak yang gulung tikar karena semua orang dilarang keluar rumah karena takut menyebarluaskan virus. Tidak terkecuali bidang olahraga yang dilarang beroperasi, sehingga penyelenggara ada yang memutuskan untuk membatalkan dan adapula yang menunda.

MotoGP merupakan salah satu kegiatan olahraga balap motor yang ditunda karena covid-19. Event balap motor ini sempat ditunda dari Maret hingga Juli. Jumlah seri MotoGP 2020 juga banyak dipangkas, karena beberapa negara peserta memutuskan untuk mundur.

Di samping beberapa negara yang mundur, kesuksesan beberapa seri awal MotoGP 2020, menarik perhatian negara lain. Portugal menjadi tuan rumah baru yang diumumkan beberapa waktu lalu. Sirkuit Estoril yang terakhir menggelar balap motor pada 2012, menjadi seri penutup MotoGP 2020.

Kala itu, pihak Estoril dengan yakin akan menampilkan penonton pada MotoGP Portimao 20 – 22 November mendatang. Kala itu, Paulo Pinheiro selaku perencana acara mengatakan akan mendatangkan setidaknya 50.000 penonton.

Namun jumlah pengidap virus corona terus bertambah belakangan ini. Di Eropa sendiri baru mengalami kejadian yang dinamakan second wave atau gelombang kedua. Negara-negara di Benua Biru tersebut mengalami lonjakan pengidap virus.
MotoGP Portimao 2020 Valentino Rossi
Salah satunya adalah Portugal yang mengalami peningkatan angka pengidap virus corona. Disebutkan bahwa tiga hari terakhir, 4.000 orang dilaporkan terjangkit virus ini. Angka ini dikatakan merupakan yang terbesar sejak pandemi pertama datang. Oleh karena itu, Antonio Costa selaku Perdana Menteri Portugal, melarang MotoGP Portimao 2020 mendatangkan penonton.

“Promotor telah kami informasikan bahwa gelaran Grand Prix balap motor akan dihelat tanpa penonton. Kami tidak ingin mengambil risiko lebih jauh lagi, sehingga kehadiran penonton tidak lagi diijinkan,” ucap Costa seperti dikutip Speedweek.com.

Larangan hadirnya penonton di sirkuit Estoril untuk MotoGP, diberlakukan sepekan setelah F1 menggelar balapan dengan kehadiran penonton. Mereka mengatakan selama event, para penonton tertib menaati protokol kesehatan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar