Sirkuit Portimao Jadi Seri Pamungkas MotoGP 2020

Berita Otomotif

Sirkuit Portimao Jadi Seri Pamungkas MotoGP 2020

JAKARTA – MotoGP resmi mengumumkan sirkuit Portimao, Portugal menjadi seri penutup musim ini.

Seri penutup MotoGP 2020 belakangan ini menjadi perbincangan hangat, karena pihak penyelenggara (Dorna) masih merahasiakan siapa tuan rumahnya. Setelah melakukan diskusi cukup panjang, Portugal akhirnya diresmikan sebagai tambahan seri balap motor paling populer di muka bumi ini.

“Ini adalah sebuah pencapaian hebat untuk tim kami atas peresmian gelaran MotoGP di sirkuit ini. MotoGP adalah balapan kelas tertinggi dalam dunia balap dan kami bangga menghadirkannya di sini. Prosesnya begitu panjang dengan Dorna, kami memiliki komitmen sejak 2017 dan sekarang kerja keras ini terbayar sudah,” ucap Paulo Pinheiro, CEO Portimao Circuit.

Tarik ulur penyelenggaraan MotoGP 2020 terus memanas sejak awal tahun. Seperti diketahui bahwa pandemi covid-19 menjadi salah satu isu mundur dan batalnya, gelaran balap motor sejagat. Hal itu pula yang membuat Dorna sepakat menggelar event tanpa kehadiran penonton.
MotoGP Portimao 2020

Penonton menjadi bagian penting terselenggaranya gelaran balapan. Sirkuit Portimao berencana untuk bisa menggelar balapan dengan mendatangkan penonton. Dengan aturan yang ketat akan kebersihan sirkuit dan jaminan terjaganya kesehatan para pengunjung masih menjadi hal yang paling utama dan masih diperbincangkan.

“Kami berupaya untuk bisa mendatangkan para penggemar pada balapan nanti. Kami berencana untuk bisa setidaknya menghadirkan 30 ribu penonton hanya pada balapan berlangsung. Kami dan Dorna akan memutuskan dan mengupayakan kebersihan sirkuit dan mengikuti standar prosedur kesehatan,” jelasnya kemudian.

Sementara dari pihak Dorna menganggap kesepakatan baru dengan pihak sirkuit Portimao menjadi salah satu angin segar, di tengah banyaknya sirkuit yang mengundurkan diri. Keberhasilan dari gelaran balap sebelumnya di Portimao menjadi salah satu acuan menggelar MotoGP.

“Kami telah berhasil menggelar balap di Portimao dengan Superbike. Ini merupakan keberhasilan bagi kami dan bersamaan dengan keluarnya keputusan, lintasan balap akan di aspal ulang setelah seri Superbike usai di sana,” tutur Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports.

MotoGP Portugal 2020 akan dihelat pada 22 November mendatang. Bertambahnya seri balapan untuk musim ini membuka persaingan akan lebih ketat, karena belum ada pembalap yang bisa mendominasi lomba sejauh ini. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar