Michelin Hati-hati Sodorkan Ban di MotoGP Le Mans 2020

Berita Otomotif

Michelin Hati-hati Sodorkan Ban di MotoGP Le Mans 2020

LE MANS – Michelin memberikan atensi penuh dalam pemilihan ban jelang MotoGP Perancis 2020 akhir pekan ini.

Produsen ban asal Perancis ini paham betul karakter sirkuit Le Mans yang akan dipergunakan akhir pekan ini. Michelin sangat berhati-hati dalam pemilihan ban untuk para pembalapnya, karena kondisi balapan sudah memasuki musim penghujan.

Seperti diketahui bahwa gelaran MotoGP 2020 sempat tertunda akibat terjadinya pandemi Covid-19. MotoGP Perancis 2020 yang sejatinya dihelat pada Mei 2020, diundur menjadi Oktober. Balapan di bulan Oktober sangat dikhawatirkan terjadinya hujan.

Jelang MotoGP Le Mans 2020, Michelin mempersiapkan tiga pilihan kompon ban belakang untuk situasi balapan kering yakni Soft, Medium, dan Hard asimetris pada bagian kanan yang lebih keras. Sementara pada ban depan hanya tiga pilihan ban simetris yaitu Soft, Medium dan Hard.

Jika balapan digelar dalam kondisi hujan, Michelin menawarkan pilihan kompon Soft dan Medium saja. Kembali untuk ban belakang tersedia pilihan asimetris sementara depan tidak.
MotoGP Perancis 2020
“Le Mans merupakan trek yang membutuhkan banyak perhatian karena banyak tikungan pendek dan membutuhkan pengereman keras. Ban depan memiliki peranan penting di sini, maka dari itu kami sangat hati-hati dalam menawarkan pilihan kompon,” ucap Piero Taramasso, Michelin two-wheel Manager.

MotoGP Perancis 2020 akan menyuguhkan balapan dengan 27 putaran dengan panjang sirkuit 4.185 km. Sirkuit ini menyuguhkan lima belokan kiri dan sembilan kanan. Pada umumnya balapan hanya menggunakan kombinasi ban simetris, namun pada sirkuit Le Mans disajikan pilihan asimetris.

“Musim ini kami memberikan tambahan pilihan karena berbeda situasinya dibandingkan tahun lalu. Pada pagi hari kondisinya bisa sangat dingin, tapi kami sudah mempertimbangkannya,” jelasnya kemudian.

Dikatakan bahwa kondisi cuaca di Perancis pada pagi hari bisa mencapai 16 derajat celcius. Maka dari itu pembalap akan sangat memperhatikan pemilihan ban dengan sangat hati-hati. Pada saat hujan terutama, pembalap harus dengan cermat melakukan pilihan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar