All-New Toyota Camry Resmi Meluncur di Indonesia

Berita Otomotif

All-New Toyota Camry Resmi Meluncur di Indonesia

JAKARTA – Toyota membuka tahun ini dengan langsung melakukan peluncuran produk yaitu All-New Camry yang dijual mulai Rp 613 juta on-the-road Jakarta untuk tipe G.

Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa pada 2019 mereka akan mencoba mempenetrasi pasar dengan produk-produk baru di berbagai segmen. Perwujudan pertamanya adalah Camry generasi terbaru.

“Mengawali 2019, kami menghadirkan All-New Camry sebagai kendaraan Outclass Elegance untuk memberi pengalaman berkendara lebih menyenangkan, mewah, dan sporty bagi pelanggan sekaligus untuk mendorong pasar sedan agar lebih menarik,” ucap dia dalam seremoni peluncuran pada Selasa (8/1/2019) di Kuningan, Jakarta.

Toyota tetap menghadirkan varian hybrid pada All-New Camry. Varian berteknologi ramah lingkungan ini hadir sebagai varian termewah dengan banderol Rp 806 juta on-the road Jakarta.

“Varian hybrid kami hadirkan untuk mereka yang punya kepedulian lebih terhadap lingkungan,” ujar Nakata.

Satu varian lagi, tipe V, berada di pertengahan. Adapun harga on-the-road Jakartanya adalah Rp 646 juta.

Camry generasi kedelapan menjalani debut global dalam Detroit Auto Show pada Januari 2018. Butuh waktu setahun untuk mengimpornya ke Indonesia dari salah satu basis produksi Toyota di Thailand.

Camry menjadi model kedua di pasar Indonesia yang menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) setelah C-HR. Berbekal platform tersebut, Camry generasi kedelapan diklaim memiliki titik pusat gravitasi lebih rendah dengan dimensi panjang 4.885 mm (lebih 35 mm), lebar 1.840 mm (lebih 15 mm), tinggi 1.445 (merendah 25 mm).

“Sumbu roda juga lebih panjang 50 mm menjadi 2.825 mm,” jelas Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM dalam presentasi produk.

Dengan titik pusat gravitasi lebih rendah, All-New Camry diklaim lebih mumpuni serta lincah diajak bermanuver. Hal ini turut didukung Double Wishbone baru pada suspensi. Adapun visibiltas kaca depan dibuat lebih lebar.

Lebih Agresif, Canggih, Aman
All-New Camry lebih agresif dari sisi desain maupun performa. Desain Aggresive Luxurious model tersebut didukung lampu depan maupun belakang berteknologi LED.

“Kalau melihat tren, desain (sedan) bergerak dari kesan kalem menjadi lebih stylish dan agresif. Fitur-fiturnya lebih pintar serta canggih. Karena itu konsep pengembangan produk ini adalah Unprecedented Change atau perubahan tidak diduga.. Pengalaman saya bekerja di Toyota, jarang sekali desain di sketsa diterjemahkan hingga hampir 100 persen di model jadinya,” aku Anton.

Varian G serta V gunakan mesin 2.5-liter, 4-silinder berdaya 180 hp di 6.000 rpm dan torsi 234 Nm di 4.100 rpm. Adapun  varian hybrid memakai mesin 2.5-liter 176,5 hp di 5.700 ps plus torsi 220 Nm di 3.600-5.200 rpm yang dipadukan dengan motor listrik.

Fitur-fitur di dalam All-New Camry lebih canggih serta aman. Di antaranya adalah Optitron TFT multi Information Display, Integrated Multimedia Touchscreen AVX 9 inchi (G dan V), Wireless Charger, (V dan Hybrid), Vibrant Colour Head-Up Display, (Hybrid), Convenient Rear Seat Control (Hybrid), Sound System JBL (Hybrid), Driving Mode (Hybrid), Moon Roof (Hybrid).

Untuk fitur keamanan, ada tiga tambahan yakni Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, Brake Hold Function. Ketiganya melengkapi fitur-fitur sebelumnya yaitu ABS, EBD, BA, Vehicle Stability Assist, 7 SRS Airbag, Hill-Start Assist Control. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support