Harga All-New Toyota Camry Masih Mungkin Berubah

Berita Otomotif

Harga All-New Toyota Camry Masih Mungkin Berubah

JAKARTA – Harga All-New Toyota Camry yang berkisar Rp 613 juta – 806 juta masih bisa terkoreksi menjadi lebih murah setelah regulasi pajak baru terbit.

Toyota meluncurkan Camry generasi kedelapan di Indonesia pada Selasa (8/1/2019). Ini merupakan peluncuran mobil pertama di 2019, tak hanya bagi Toyota tapi juga bagi pasar roda empat secara keseluruhan.

All-New Camry terdiri dari tiga varian. Tipe terbawah, G, dijual Rp 613 juta on-the-road Jakarta, sementara dua tipe di atasnya yaitu V serta Hybrid berharga masing-masing Rp 646 juta dan Rp 806 juta.

“Kisaran kenaikan Camry yang sekarang kira-kira Rp 14 – 20 juta (dibandingkan generasi terdahulu),” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) dalam acara peluncuran.

Pemerintah sendiri sekarang sedang melakukan harmonisasi pajak kendaraan melalui regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) yang diekspektasikan terbit tahun ini. Dengan regulasi ini, pemerintah bertujuan antara lain membuat harga sedan, mobil diesel, serta mobil hybrid plus mobil listrik.

Anton menjelaskan bahwa harga jual All-New Camry masih bisa terpengaruh dengan situasi pajak terbaru nanti plus nilai tukar rupiah terhadap dollar AS saat itu. Toyota masih menunggu hadirnya peraturan pajak terbaru dari pemerintah.

“Karena yang berkaitan dengan ini, kan, ada dua. Satu adalah pajak sedan, kemudian pajak mobil hybrid. Kami masih menunggu. Begitu kepastian ada, kami akan segera melakukan studi,” tukas dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com.

Camry generasi  kedelapan pertama kali menjalani debut global dalam Detroit Auto Show pada Januari 2018. Agen pemegang merek Toyota di Indonesia butuh setahun untuk mengimpornya ke Indonesia dari Thailand karena ‘berbagai variabel’ yang tidak dirincikan.

Camry sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture dengan dimensi lebih panjang, lebar, dan pendek. Platform TNGA menjanjikan titik pusat gravitasi lebih rendah serta kabin lebih lapang bagi varian hybrid.

Desain All-New Camry dibuat lebih agresif, berbeda dengan tujuh generasi sebelumnya yang lebih kalem  serta elegan. Fitur-fiturnya makin canggih dan aman.

Untuk hiburan dan kenyamanan, ada fitur Optitron TFT multi Information Display, Integrated Multimedia Touchscreen AVX 9 inchi (G dan V), Wireless Charger, (V dan Hybrid), Vibrant Colour Head-Up Display, (Hybrid), Convenient Rear Seat Control (Hybrid), Sound System JBL (Hybrid), Driving Mode (Hybrid), Moon Roof (Hybrid). Untuk fitur keamanan, ada tiga tambahan (Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, Brake Hold Function) yang melengkapi fitur-fitur sebelumnya yaitu ABS, EBD, BA, Vehicle Stability Assist, 7 SRS Airbag, Hill-Start Assist Control. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support