All-New Suzuki Ertiga Dikembangkan Berdasarkan 3 Permintaan Konsumen

Berita Otomotif

All-New Suzuki Ertiga Dikembangkan Berdasarkan 3 Permintaan Konsumen

JAKARTA – All-New Suzuki Ertiga dikembangkan lewat pertimbangan tiga masukan terbanyak konsumen di Indonesia mulai dari ubahan eksterior, fitur hiburan serta fitur kenyamanan dan keamanan.

All-New Ertiga, diluncurkan secara global di hari perdana Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang berlangsung pada 19-29 April JIExpo Kemayoran, Jakarta. Generasi kedua dari low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut berubah signifikan, mulai dari platform, mesin, desain, hingga fitur dan kabarnya memiliki harga tertinggi di bawah Rp 240 juta on-the-road Jakarta.

Suzuki mengklaim bahwa riset Ertiga generasi kedua dimulai sejak 2012 dan sebagian besar didasarkan atas data dari Indonesia. Terdapat tiga masukan utama yang mereka terapkan di All-New Ertiga.

“Berdasarkan hasil riset sejak 2012, ada tiga hal yang harus diubah,” kata Head of 4W Brand Development and Marketing Research dalam konferensi pers pada Kamis (26/4/2018) di sela-sela pameran.

Masukan pertama, papar Harold, adalah eksterior lebih berkarakter. Dan kemudian Suzuki memberikan karakter lebih tegas dan tampilan lebih elegan pada All-New Ertiga.

Permintaan kedua adalah peningkatan pada aspek in-car entertainment. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Ertiga termutakhir diberkahi Head Unit Touchscreen 6.8 inch with Smartphone and Bluetooh Connection.

“Yang ketiga adalah kenyamanan dan keamanan. Sejak kemunculannya pada 2012 Ertiga sudah menjadi inisiator untuk fitur ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution) di LMPV. Tahun ini kami kami menambahkan lagi dengan ESP (Electronic Stability Programme),” papar Harold.

Berdasarkan data spesifikasi yang tercantum di brosur All-New Ertiga, Head Unit Touchscreen cuma terdapat pada varian tertinggi yakni GX. Fitur ESP pun disematkan di tipe tersendiri yaitu GX ESP.

Dua varian di bawahnya, GA dan GL, belum memilki kedua fitur ini. Varian GX juga punya fitur-fitur khusus semisal Smart Entry, Push Start/Stop Button and Remote, LED Rear Combination Lamp with Light Guide, Fog Lamp, Electric Foldable Mirror with Turn Signal Lamp.

Fitur-fitur standar di semua varian All-New Ertiga antara lain adalah Projector Headlamp, Power Outlet+ USB and AUX Socket, Power Outlet on Second Row,  2 Point Rear Parking Sensors, Head Unit and Rear Parking Camera. Fitur-fitur keselamatan standarnya sendiri tetap dibekali ABS, EBD, Dual SRS Airbag, Platform HEARTECH, ISOFIX. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar