All-New Suzuki Ertiga Tak Tiru Desain Innova atau Xpander

Berita Otomotif

All-New Suzuki Ertiga Tak Tiru Desain Innova atau Xpander

JAKARTA – All-New Suzuki Ertiga diklaim tidak meniru desain pesaing mana pun seperti Toyota Kijang Innova atau Mitsubishi Xpander.

All-New Ertiga melakukan debut globalnya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 pada 19-29 April di JIExpo Kemayoran, Jakarta tanpa menyebutkan harga resmi. Namun, sumber dalam Suzuki menyebut harganya tak akan lebih dari Rp 240 juta on-the-road Jakarta.

Pascapeluncuran, warganet menilai desain eksteriornya yang berubah signifikan malah  menjadi mirip beberapa kompetitor. Contohnya adalah tampak depan mirip Kijang Innova dan lampu belakang berdesain seperti kepunyaan Xpander. Berbagai media massa otomotif nasional juga menyinggung perihal ini.

Merespons pertanyaan Mobil123.com soal ini, Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Sahputra menjelaskan studi Ertiga generasi kedua tersebut sudah dilakukan sejak generasi pertamanya meluncur pada 2012, ketika Kijang Innova terkini atau Xpander belum muncul. Namun, ia tidak memungkiri jika mungkin ada kemiripan.

“Secara keseluruhan mirip karena, kan, secara ukuran serta dimensi tak jauh berbeda dengan kompetitor lain. Tapi menurut kami ini adalah aspirasi konsumen low multi purpose vehicle (LMPV). Jadi ini sebenarnya aspirasi yang kami tangkap. Enggak meniru,” papar Donny di sela-sela IIMS 2018.

Ertiga merupakan produk global Suzuki yang cuma diproduksi di India dan Indonesia. Generasi pertamanya sama-sama diluncurkan pada April 2012. Saat itu, India mendapatkan kesempatan pertama, menyusul kemudian Indonesia.

Generasi termutakhirnya sendiri lebih dulu diperlihatkan di Indonesia karena riset dan pengembangannya kini banyak menangkap kebutuhan pasar negeri ini. Suzuki berharap model anyar yang diproduksi di pabrik Cikarang, Bekasi itu melambungkan penjualan Ertiga sebanyak 60 persen, dari rata-rata 3.000 unit per bulan menjadi 4.800 unit.

All-New Ertiga hadir dalam tiga varian yakni GA, GL, dan GX. LMPV satu ini mempunyai platform baru HEARTECH. Kapasitas mesinnya juga bertambah  menjadi 1.5 liter yang sepertinya bertujuan agar dapat lebih responsif namun tetap irit saat digunakan di ragam jalan Indonesia.

Platform baru membuat dimensi eksterior maupun kabinnya menjadi lebih lega dari sebelumnya, baik ruang kaki dan ruang kepala. Untuk fitur keselamatan, sekarang ada antara lain TECT Body, Dual SRS Airbags, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), dan juga Electronic Stability Programme khusus tipe GX ESP. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual