All-new Suzuki Ertiga Debut Global di Indonesia, Ini Alasannya

Berita Otomotif

All-new Suzuki Ertiga Debut Global di Indonesia, Ini Alasannya

JAKARTA – Suzuki Ertiga generasi kedua menjalani debut globalnya di Indonesia karena pengembangan dari low multi purpose vehicle (LMPV) ini banyak terpengaruh oleh selera konsumen lokal.

All-New Ertiga debut global di hari pertama Indonesia Internatonal Motor Show (IIMS) 2018. Pameran otomotif nasional ini berlangsung pada 19-29 April mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Model satu ini, menurut Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Sahputra, cuma diproduksi di India dan Indonesia. Penjualan global Ertiga juga paling banyak di India. Namun, Suzuki kali ini memilih Indonesia sebagai tempat memperkenalkan All-New Ertiga kepada publik dunia ketimbang ‘Negeri Hindustan’.

“Ini karena banyak aspirasi untuk All-New Ertiga yang didapat dari Indonesia. Saya kadang mendengar bahwa Ertiga ini kiblatnya ke India. Tidak benar. Sebetulnya ada tiga pilar besar Suzuki yaitu Jepang, India, dan Indonesia. Itu saja,” papar Donny ketika ditemui di sela-sela pameran.

Ertiga pertama kali meluncur di Indonesia sejak 2012. Populasinya hingga kini di Tanah Air diklaim Suzuki sudah mencapai sekitar 243 unit.

“Indonesia merupakan pasar terbesar kedua Suzuki untuk Ertiga di dunia, setelah India,” aku Donny.

Donny kemudian menjelaskan bahwa dengan kehadiran All-New Ertiga, pihaknya menargetkan kenaikan penjualan 60 persen untuk model ini. Sebelumnya, transaksi jual-beli generasi pertamanya secara rata-rata 3.000 unit per bulan.

MPV sendiri merupakan segmen terfavorit di Indonesia, dengan ceruk terbesar di kelas LMPV. Karena itu, di kelas ini berjejalan pemain-pemain dari Jepang maupun Cina. Mereka antara lain ialah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Ertiga, Nissan Grand Livina, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, plus Wuling Confero.

General Motors sempat mencoba bergabung melalui Chevrolet Spin pada 2013. Namun, penjualan dihentikan dan pabriknya ditutup pada 2015 karena tak kuat bersaing dengan pabrikan-pabrikan Jepang. Kedigdayaan merek-merek Jepang baru coba digoyang oleh pabrikan Cina Wuling pada 2017. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support