Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

5 Tips untuk Dapatkan Mobil Bekas Terbaik

Berita Otomotif

5 Tips untuk Dapatkan Mobil Bekas Terbaik

JAKARTA – Terdapat 5 tips atau patokan agar Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kondisi terbaik, setidaknya mampu mereduksi kesalahan agar tidak menyesal kemudian.  

Tahun baru akan semakin menyenangkan bila membeli mobil baru juga. Tidak perlu mobil yang benar-benar gres, cukup mobil bekas untuk memberi nuansa baru pun sebenarnya cukup. Apalagi bila melihat saat ini masih banyak dealer mobil bekas yang memberikan program-program menarik.

Namun dengan bergantinya tahun, mobil-mobil bekas pun kini teknologinya sudah semakin matang. Perlu beberapa kejelian tambahan untuk membeli mobil bekas dengan usia yang tergolong muda. Lantas bagaimana cara memilihnya?

1. Cek catatan berkala


Hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah dengan melihat catatan perawatan. Bila catatannya lengkap, maka boleh dikatakan bahwa pemilik sebelumnya merawat kendaraannya dengan baik dan di bengkel resmi.

2. Periksa indikator mobil
Cara paling sederhana adalah dengan melihat lampu-lampu peringatan di dashboard. Sebut saja ABS, SRS, ESC dan seluruh sistem kelistrikan dapat berfungsi dengan baik. Beberapa pedagang nakal mungkin akan melepaskan bohlam untuk menutupi kerusakan yang ada, untuk itu coba nyalakan dan matikan indikator mobil beberapa kali sebelum akhirnya benar-benar menyalakan mesinnya.

Jangan pernah percaya dengan ucapan pedagang yang mengatakan bahwa kondisi lampu indikator menyala adalah normal. Pasti ada kesalahan pada mobil tersebut yang seharusnya diperbaiki. Sebaiknya cari kendaraan lain.

3. Mesin
Coba dengarkan suara mesin beberapa detik, apakah ada suara bergertar dan sebagainya. Bila ada, artinya ada masalah pada mesin tersebut. Perhatikan juga asap knalpot, bila keluar uap putih maka artinya masih normal namun bila asap berwarna hitam maka artinya mesin ada masalah yang harus diperbaiki.

4. Test Drive
Dengan melalukan test drive, maka kondisi kendaraan dapat lebih terlihat. Sebut saja kondisi suspensi yang akan lebih terasa bila di test khususnya saat di jalan rusak. Perhatikan juga kehalusan perpindahan gear dan sebagainya.

5. Belajar Iklas
Kadang membeli mobil lebih ke pilihan emosial dibandingkan pilihan rasional. Dan umumnya, karena terlanjur suka dengan sebuah mobil, maka pelanggan banyak yang membeli mobil tersebut walau kondisinya jelek. Membeli mobil seharusnya menjadi sebuah pilihan rasional karena memang harus mencari yang terbaik. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang