Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

22 Ribu Toyota Rush Masuk Bengkel Sebulan Setelah Recall

Berita Otomotif

22 Ribu Toyota Rush Masuk Bengkel Sebulan Setelah Recall

JAKARTA - Sebanyak 22 ribu Toyota Rush sudah masuk bengkel dalam waktu hampir sebulan setelah pengumuman recall (penarikan dan perbaikan gratis) terhadap model tersebut.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa tiap pekan pihaknya selalu mengecek kembali jumlah Rush yang telah masuk bengkel dan mendapatkan perbaikan terkait kampanye recall terbaru. Menurut dia, angkanya memasuki minggu keempat sudah lumayan banyak.

“Per 9 Agustus, yang mendapat perbaikan sudah sebanyak 37 persen (dari total unit yang di-recall). Angkanya 22.065 unit,” akunya ketika dihubungi Mobil123.com pada Senin (12/8/2019) di Jakarta.

Sekadar mengingatkan, Rush generasi terbaru meluncur pada akhir 2017, dengan distribusi pada awal 2018. Pada pada 15 Juli tahun ini, agen pemegang merek Toyota di Indonesia memublikasikan recall terhadap Rush tahun produksi September 2017 sampai Februari 2019.

Adapun populasi unit terkena recall di Tanah Air mencapai sekitar 60 ribu unit. Kampanye ini dilakukan karena temuan potensi masalah pada airbag bagian samping atau curtain airbag.

Disebutkan bahwa ada kesalahan pada Electronic Control Unit (ECU) sehingga komponen tersebut berpotensi mengembang jika mobil mengalami guncangan yang cukup terasa, seperti ketika ban belakang menghantam lubang cukup dalam.

Penggantian memakan waktu sekitar setengah jam saja dan Toyota sudah menyiapkan ECU pengganti. Para pemilik Rush tahun produksi tersebut diharapkan menghubungi bengkel resmi dan membuat janji perbaikan.

Rush sendiri merupakan produk pengembangan bersama Toyota - Daihatsu yang hanya diproduksi di PT. Astra Daihatsu Motor (ADM). Produk sport utility vehicle (SUV) murah ini juga diekspor dan populasi yang terkena recall di luar Indonesia mencapai sekitar 36 ribu unit.

Nasib berbeda dialami Daihatsu Terios, kembaran Rush, yang tidak terkena recall. Penyebabnya, Terios tidak mempunyai fitur curtain airbag. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang