Mitsubishi Belum Butuh SUV Murah Karena Punya Xpander

Berita Otomotif

Mitsubishi Belum Butuh SUV Murah Karena Punya Xpander

INDRAMAYU - Mitsubishi merasa konsep produk Xpander sudah bisa pula memenuhi kebutuhan sport utility vehicle (SUV) murah di Indonesia.

Saat ini, model-model SUV termurah berkumpul di segmen low SUV (LSUV). Di dalamnya ada nama-nama seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, plus Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 560).

Meski segmen ini diakui besar, dan menggiurkan, Mitsubishi sebagai salah satu pemain besar di industri otomotif Indonesia mengaku belum berpikir menerjunkan model di segmen tersebut. Ternyata, penyebabnya adalah model multi purpose vehicle (MPV) termurah mereka yakni Xpander yang juga berbentuk seperti SUV.

“Sebenarnya, dari awal, konsep untuk Xpander adalah MPV bernuansa desain SUV. Model ini seperti sebuah crossover (model persilangan). Jadi, kami tak berpikir Xpander sama dengan MPV-MPV lain yang ada sebelumnya. Ini adalah generasi selanjutnya dari MPV yang merupakan crossover,” ucap Michimasa Kono, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meladeni pertanyaan Mobil123.com usai seremoni pembukaan dealer Indramayu, Jawa Barat akhir pekan lalu.

Dengan konsep tersebut, merek berlogo tiga berlian itu merasa bahwa kebutuhan para konsumen LSUV dapat terpenuhi oleh Xpander. Ia mengklaim Xpander mampu pula menarik para peminat LSUV.

“Saya pikir Xpander sudah cukup baik untuk memenuhi permintaan konsumen (di segmen LSUV). Sejauh ini, penerimaannya cukup baik bagi para konsumen di sana. Jadi, saya pikir ini bagus. Apa yang harus kami lakukan adalah melakukan sosialisasi Xpander lagi dengan lebih kencang di pasar,” tambah Kono lagi.

Secara harga, model yang meluncur di Nusantara sejak 10 Agustus 2017 itu tergolong cukup tinggi untuk ukuran LMPV. Tapi, di segmen LSUV, banderolnya sepantaran dengan Rush dan kawan-kawan.

Sebagai perbandingan, harga on-the-road Jakarta delapan tipe Xpander dimulai dari Rp 210,3 - 265,1 juta.

Rush, di sisi lain, dipasarkan mulai Rp 244,25 - 265,65 juta. Adapun label harga Terios maupun BR-V masing-masing Rp 202,3 - 256,9 juta serta Rp 238 - 279,5 juta.

Model termurah di jejeran LSUV adalah Glory 560. Model keluaran merek asal China tersebut berkisar dari Rp 189 juta hingga Rp 239 juta on-the-road Jakarta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support