Honda: Pasar Indonesia Bergerak ke SUV Murah Berukuran Lebih Kecil

Berita Otomotif

Honda: Pasar Indonesia Bergerak ke SUV Murah Berukuran Lebih Kecil

JAKARTA – Pasar mobil Indonesia di 2020 memperlihatkan tren positif di segmennya SUV murah, menurut salah satu eksekutif Honda. Malahan, konsumen kini memperlihatkan minat lebih besar ke SUV murah berukuran lebih kecil.

Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) menjelaskan  model – model SUV murah Rp 200 jutaan di segmen low SUV (LSUV) mengalami tren kenaikan tahun lalu. Nasib berbeda dialami segmennya multi purpose vehicle (MPV) berharga terjangkau yaitu low MPV (LMPV).

“(Pangsa pasar) LPMV turun dari sekitar 22 persen pada 2019 menjadi sekitar 17 persen. Namun, LSUV meningkat dari 11 persen ke 16 persen,” ucap dia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers virtual awal tahun pada Senin (18/1/2021) kemarin.

Pembeli retail (perorangan), lanjutnya, bergerak sedikit dari LMPV ke LSUV. Penurunan ‘kue penjualan’ LMPV juga dikontribusikan oleh lesunya pasar fleet (pembelian untuk armada/usaha) di tengah pandemi virus Corona.

“Kalau dibedah lebih dalam, market (pasar) fleet banyak di LMPV,” tandas dia.


Ada temuan lain dari hasil studi Honda. Di pasar Indonesia yang selama ini gemar mobil tujuh penumpang, mulai ada preferensi ke kendaraan berukuran lebih kecil. SUV murah compact alias ringkas mulai dilirik.

“Sekarang untuk (SUV) yang lebih kecil bagaimana? Kita menyebutnya apa ya. Small SUV kali, ya. Memang ada itu pergerakan ke sana,” tukas dia.

Prinsipal Honda sendiri sekarang diisukan sedang mengembangkan SUV ringkas lima penumpang bernama ZR-V. Bahkan, di internet beredar gambar yang disebut-sebut sebagai desain ZR-V.


Jawaban mengenai tren SUV murah dan pergerakan ke yang berukuran ringkas dari Billy memicu pertanyaan mengenai kemungkinan ZR-V dalam sesi tanya-jawab. Sayangnya, dia tidak mau menjawabnya. Bahkan untuk sekadar merespons tertarik atau tidaknya.

“Sekali lagi, untuk peluncuran satu produk kami lihat pasarnya seperti apa, kebutuhannya ada atau tidak, lalu soal timing (momentum) yang tepat kapan. kami pelajari terus. Jadi, kami tidak bisa bicara mau keluarkan dalam waktu dekat atau tidak,” tukas dia.

Pasar mobil nasional pada 2020 sendiri kedatangan beberapa SUV murah berukuran ringkas dengan kapasitas lima penumpang. Dua model tersebut, Kia Sonet serta Nissan Magnite, meramaikan segmennya SUV murah yang hampir seluruhnya berisi model tujuh penumpang.


Akan tetapi, jangan terburu – buru mengatakan pasar LMPV akan tergusur LSUV, setidaknya dalam waktu dekat. Eksekutif Daihatsu di Indonesia memperkirakan tahun ini MPV masih jadi pilihan utama masyarakat, meski tak mengesampingkan makin populernya SUV.

“Di Indonesia sendiri saya percaya segmen sejuta umat tetap MPV. Tapi tren SUV juga kelihatan dari tahun ke tahun meningkat,” tandas Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor dalam konferensi pers virtual akhir 2020.  [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar