Toyota Recall Puluhan Ribu Rush Karena Masalah Ini

Berita Otomotif

Toyota Recall Puluhan Ribu Rush Karena Masalah Ini

JAKARTA - Puluhan ribu unit Toyota Rush di Indonesia terkena penarikan dan perbaikan gratis (recall) karena potensi masalah pada salah satu fitur keselamatannya.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), memberitahukan recall Rush dilakukan per Senin (15/7/2019). Kampanye tersebut adalah bagi Rush generasi terbaru yang diproduksi mulai dari September 2017 hingga Februari 2019 dengan jumlah sekitar 60 ribu unit.

“Mulai tanggal itu sudah bisa datang,” ucap dia ketika dihubungi Mobil123.com via sambungan telepon pada hari tersebut.

Rush generasi terkini meluncur di Indonesia pada akhir 2017, dengan distribusi sejak Januari 2018. Model ini merupakan salah satu produk hasil kolaborasi antara Toyota dengan anak perusahaan mereka yakni Daihatsu dan menghasilkan pula model Daihatsu Terios.

Recall Rush, lanjut Anton, merupakan instruksi dari Toyota Motor Corporation (TMC). Menurut temuan mereka, ada potensi permasalahan pada Electronic Control Unit (ECU) pada curtain shield airbag atau kantung udara samping.

Akibat kesalahan pada ECU, ada kemungkinan airbag mengembang jika mobil menerabas lubang cukup dalam. Anton tidak menyebut apakah sudah ada insiden yang terjadi di Indonesia atau tidak.

“Salah satunya contoh kasusnya adalah kalau ban belakang masuk ke lubang cukup besar. ECU bisa membacanya sebagai tabrakan samping, jadi bisa mengaktifkan airbag. Ini baru kekhawatiran, ya, tidak selalu terjadi. Untuk menghindari itu, makanya kami memberitahukan ini dan mengontak konsumen untuk datang ke Toyota,” paparnya.

Waktu perbaikan dan penggantiannya sendiri tidak lama. Seluruh aktivitas hanya memakan waktu sekitar setengah jam.

“Kami sudah menyiapkan ECU pengganti,” tandasnya.

Anton mengatakan bahwa kampanye recall digelar karena Toyota peduli terhadap keselamatan dan keamanan konsumen. Konsumen disarankan melakukan service booking terlebih dahulu dengan menghubungi dealer atau customer service Toyota.

“Intinya kami, Toyota, peduli terhadap keamanan. Ini paling penting,” tukasnya.

Indonesia merupakan basis produksi global bagi Rush, dengan bantuan dari pabrik Daihatsu. Karena itulah, recall juga dilakukan untuk negara-negara lain yang menjualnya.

“Rush, kan, tidak hanya dijual di Indonesia tapi juga di negara lain. Di negara lain yang spesifikasinya menggunakan curtain airbag juga dilakukan recall. Total yang terlibat itu adalah 96 ribu unit di seluruh dunia,” pungkas Anton. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support