Wuling Merasa Berhasil Jadi Alternatif Baru di Indonesia

Berita Otomotif

Wuling Merasa Berhasil Jadi Alternatif Baru di Indonesia

TANGERANG – Wuling merasa telah berhasil memberikan pilihan baru di usianya yang baru setahun di pasar otomotif Indonesia.

Jason Ding, Brand and Marketing Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia, menilai bahwa pencapaian mereka sejauh ini sejalan dengan ekspektasi. Wuling dia anggap sudah cukup dipandang sebagai alternatif bagi para konsumen otomotif Tanah Air.

“Di awal kedatangan kami, kami mengatakan keinginan untuk memberikan opsi baru kepada para konsumen,” ucap Jason saat diwawancarai beberapa waktu lalu di Tangerang.

Sebagai informasi, Wuling resmi memasarkan produk pertama mereka di Indonesia, multi purpose vehicle (MPV) Confero 1.5-liter, pada Agustus 2017, kemudian disusul Cortez 1.8-liter (Februari 2018) serta Cortez 1.5-liter (April 2018). Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan bahwa Wuling berhasil mencatatkan volume 5.050 unit pada 2017, meski baru mendistribusikan kendaraan pada Juli.

Sementara itu, pada Januari – Juni 2018, Wuling mampu menyuplai 8.120 unit ke pasar. Dengan demikian, mereka sudah menorehkan wholesales 13.170 unit dalam waktu kurang dari setahun.

Pabrikan mobil asal China ini hadir dengan mobil-mobil berbanderol jauh lebih murah dibandingkan kompetitor sekelas. Di sisi lain, produk-produk Wuling mempunyai lebih banyak fitur. Mereka menyebutnya sebagai strategi ‘value for money’.

Jason menerangkan bahwa pihaknya tidak menganggap diri mereka sebagai pesaing pabrikan-pabrikan Jepang yang mendominasi pasar sejak lama. Wuling, menurut Jason, hanya ingin memberikan variasi produk ke pasar.

“Saat kami membawa model-model baru selanjutnya, kami harap kami dapat menyediakan pilihan baru bagi konsumen,” kilahnya.

Pada akhir tahun ini, Wuling bersiap meluncurkan satu lagi model anyar bermesin 1.2-liter yang menggunakan platform Confero 1.5-liter. Pada 2019, pabrikan yang bermarkas di Liozhou, China itu akan mengaspalkan SUV Baojun 530 plus versi facelift dari model-model mereka saat ini.

Pasar Indonesia sendiri berpotensi makin penuh sesak dengan merek-merek baru yang ingin menjadi alternatif baru. Setelah Wuling serta Dongfeng Sokon (DFSK), merek-merek lain yang berasal dari China dan Rusia sedang mempersiapkan diri untuk masuk ke negeri ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar