Pertama di Indonesia, Wuling Bikin Peluncuran dengan Teknologi VR

Berita Otomotif

Pertama di Indonesia, Wuling Bikin Peluncuran dengan Teknologi VR

JAKARTA – Di masa pandemi virus Corona (Covid-19), cara pabrikan meluncurkan mobil baru semakin menarik. Terkini, Wuling membuat peluncuran mobil dengan konsep Virtual Reality (VR) di Indonesia.

Pandemi, yang menghantam Indonesia sejak Maret 2020, membuat acara – acara yang menyebabkan kerumunan dilarang oleh pemerintah. Banyak yang mesti beradaptasi dengan situasi ini, termasuk para pabrikan otomotif.

BMW, merek mobil mewah asal Jerman, menjadi yang pertama menginisiasi perkenalan produk secara virtual di pasar otomotif Tanah Air. Adapun modelnya adalah Seri 6 Gran Turismo yang diluncurkan dan dipresentasikan secara langsung via YouTube pada 12 Maret silam.

Peluncuran virtual kemudian menjadi tren. Berbagai platform selain YouTube dipergunakan, seperti dengan menggunakan aplikasi Zoom maupun Microsoft Team.

Satu inovasi lagi kemudian terjadi pada Selasa (24/11/2020). Wuling, pabrikan roda empat asal China, merilis produk baru yaitu Almaz Limited Edition dengan memanfaatkan teknologi VR.


Melalui WhatsApp, Wuling mengirimkan tautan yang mengarahkan para pewarta ke platform YouTube. Kemudian, tayangan bisa disaksikan secara 360 derajat dengan menggunakan teknologi VR.

Situasi sekitar dalam seremoni peluncuran bisa disaksikan dengan menggeser – geser smartphone ke arah yang diinginkan. Tentu saja, pengalaman tersebut menjadi paripurna jika ditonton dengan perangkat VR khusus yang dipasang di kepala.


“Konsep pengenalan dengan pendekatan VR 360 merupakan salah satu cara untuk memberikan pengalaman yang berbeda. Meskipun tanpa kehadiran secara langsung, media tetap bisa merasakan pengalaman seperti event yang sesungguhnya,” kata Brian Gomgom Simbolon selaku Media Relations PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia kepada Mobil123.com via pesan singkat, mengenai ide di balik itu.

Almaz Limited Edition sendiri hanya dibuat sebanyak 100 unit. Ini menjadi peluncuran mobil baru kedua Wuling pada 2020, setelah Cortez CT Type-S pada Juli kemarin.

Harga on-the-road Jakarta Almaz Limited Edition adalah Rp 351,8 juta on-the-road Jakarta. Selisihnya Rp 10 juta dibandingkan tipe tertinggi, Exclusive 7-Seater CVT, yang menjadi basisnya.

Almaz Limited Edition memiliki tiga perbedaan jika dibandingkan dengan model Almaz reguler. Informasi lengkapnya dapat Anda ketahui dengan mengakses tautan ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar