Wuling Berhasil Ubah Pandangan Masyarakat Terhadap Produk Cina

Berita Otomotif

Wuling Berhasil Ubah Pandangan Masyarakat Terhadap Produk Cina

JAKARTA – Wuling Motors berhasil menjadi salah satu brand terlaris di Indonesia hanya dalam waktu 1.000 hari.

Sedikitnya ada 45 ribu unit yang telah terjual hingga saat ini. Itu artinya ada sekitar 45 unit Wuling Motors yang terjual setiap harinya. Jumlah ini terbilang cukup besar mengingat masyarakat memiliki trauma tersendiri atas produk-produk Cina dan menjadi bukti bahwa dalam 1000 hari, Wuling dapat mengubah pandangan masyarakat tersebut.

“Milestone kami memang cukup cepat. Awalnya mungkin ada keraguan terhadap brand baru dari negara yang reputasinya kurang baik. Tapi ternyata penerimaannya bagus. Di sisi kami, ini adalah motivasi untuk meningkatkan kualitas untuk ke depannya,” terang Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Dari 45 ribu unit mobil yang telah terjual, Wuling Confero menjadi model paling laris. Sebagai model pertama yang diluncurkan Wuling Motors di Indonesia, Confero berhasil terjual sebanyak 26.550 unit, Almaz 9.903 unit, Cortez series 9.466 unit dan Formo 485 unit. Produk yang tepat diklaim menjadi kunci dari keberhasilan mereka.

“Sebelum Wuling hadir, kami telah melakukan riset fitur apa yang paling dibutuhkan dan meluncurkan produk sesuai dengan hasil riset tersebut. Selain itu kami juga meningkatkan value dari kendaraan sehingga dapat diterima masyarakat. Orang membeli sesuatu melihat dengan harga sekian, maka akan mendapatkan apa. Ini yang ditawarkan oleh Wuling,” terangnya.

Selain itu, Ia juga menambahkan bahwa pihaknya menghadirkan kendaraan yang berbeda dengan kompetitor mereka. Dengan masyarakat akan melihat bahwa produk Wuling memberikan pengalaman baru dalam berkendara.

“Diferensiasi produk merupakan salah satu proses yang membuat Wuling bertambah. Salah satu yang paling melekat di masyarat adalan fitur Wind di Wuling Almaz. Voice commad memang teknologi yang sudah umum tapi karena menggunakan bahasa Indonesia, itu menjadi berbeda,” tambah Danang.

Dari seluruh model yang sudah ada di Indonesia, riset wuling Confero adalah yang tersulit. Ini dikarenakan ketika itu Wuling belum memiliki produk sama sekali dan hanya mengandalkan riset dari tim principal.

“Wuling Confero adalah produk tersulit yang diriset karena belum ada pabrikan. Setelah Wuling Confero diluncurkan dan tim Indonesia terbentuk maka proses pengembangan kendaraan menjadi lebih mudah,” pungkasnya.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar