Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Download Gratis – iCar Asia Limited
4.4
33,336

Waspadai Masalah pada 5 Komponen Mobil Usai Mudik

Panduan Pembeli

Waspadai Masalah pada 5 Komponen Mobil Usai Mudik

JAKARTA - Mobil yang digunakan mudik Lebaran disarankan untuk segera diperiksa. Beberapa komponen perlu mendapat perhatian lebih dalam pengecekan.

Libur dan cuti bersama Lebaran Idul Fitri 2022, yang berlangsung pada 29 April-8 Mei, baru saja usai. Demikian pula dengan masa mudik Lebaran.

Setelah dua tahun tak diperbolehkan mudik akibat pandemi Covid-19, tahun ini aktivitas tersebut akhirnya diizinkan lagi oleh pemerintah. Kementerian Perhubungan pun memperkirakan 36,17 juta orang pulang ke kampung halaman menggunakan mobil atau motor pribadi.

Dengan jumlah kendaraan semasif itu, lalu lintas jauh lebih padat dan macet dari kondisi normal selama mudik. Tak mengherankan kalau kendaraan pun bekerja jauh lebih berat.

5 Komponen Mobil yang Mesti Diperhatikan Usai Mudik

Pascaperjalanan jauh plus situasi lalu lintas tak normal, para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi disarankan segera mengecek mobil atau motor mereka.

Berikut ini lima komponen yang mesti mendapat perhatian ekstra, menurut keterangan resmi Lifepal pada Senin (9/5/2022). Kelimanya juga punya potensi masalah usai mudik Lebaran:

  • Ban

Komponen lain yang pastinya terdampak oleh beratnya kondisi lalu lintas ketika mudik adalah ban. Soalnya, bagian inilah yang mengalami kontak dengan permukaan jalan dan langsung ‘menanggung’ segala beban perjalanan.

Disarankan untuk melakukan spooring dan balancing di bengkel, apalagi kalau sudah merasakan kendala keseimbangan ketika mengemudikan mobil. Ban yang sudah mulai tipis atau malah gundul di sisi atau tepi tertentu juga perlu diganti.

Terakhir, pastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan.

  • Kopling

Pada mobil bertransmisi manual, komponen pertama yang mesti dicermati dan diperiksa kondisinya ialah kopling.

Pasalnya, selama perjalanan, kopling bekerja amat sering untuk menghadapi lalu lintas macet di jalanan mendatar maupun tanjakan. Apalagi kalau sang pengemudi kerap menggunakan metode setengah kopling.

Kopling pun akhirnya lebih cepat habis. Lalu, kanvas kopling juga mengalami gesekan berat antara flywheel dan dekrup atau cover clutch.

  • Rem

Sistem pengereman mobil bekerja ‘lembur’ dan ekstra selama mudik. Apalagi, mobil hampir pasti diisi oleh seluruh anggota keluarga di rumah plus segala barang bawaannya.

Cek kinerja rem di bengkel tepercaya. Hal ini semakin mendesak kalau sudah terdengar suara tak wajar dari sistem pengereman. Cek pula level minyak rem dan pastikan tidak ada kebocoran.

  • Shock Breaker

Selain ban dan rem, shock breaker atau kaki-kaki menjadi komponen lainnya yang berpotensi bermasalah usai mudik Lebaran. Bagaimana tidak, bagian ini mesti menahan beban yang jauh lebih berat dan seharusnya, ikut menanggung beban pengereman, sekaligus meredam guncangan dari kontak antara ban dengan permukaan jalan yang kondisinya beragam.

Waspadai kemungkinan shock breaker bocor. Oleh karena itu, jangan lupa cek komponen ini setelah mudik.

  • Aki

Kondisi aki juga perlu dicermati usai mudik. Untuk aki basah, teliti volume air aki dan tambah apabila sudah berada di bawah garis batas wajar.

Komponen ini sebenarnya bisa diperiksa sendiri dulu oleh pemilik kendaraan. Caranya, teliti suara mobil ketika di-starter.

Kalau suaranya sudah lemah, ada indikasi aki mulai soak sehingga perlu pengecekan lebih lanjut ke bengkel. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar